Suci, Gajah Jinak di CRU Alue Kuyun Melahirkan Bayi Betina

BKSDA AcehGajah Jinak di CRU Alue Kuyun Melahirkan Bayi Betina

ACEH BARAT, ACEHPORATL.COM - Suci, seekor gajah Sumatera jinak berusia 30 tahun dari CRU Alue Kuyun, Aceh Barat melahirkan seekor bayi gajah berjenis kelamin betina, Rabu (24/7/2019) pagi tadi sekira pukul 07.00 WIB.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, bayi Suci lahir dengan panjang badan (hingga pangkal ekor) sekitar 100 sentimeter dengan tinggi 90 sentimeter dan berat sekitar 70 kilogram.

"Bayi gajah ini merupakan anak kedua dari induk Suci. Suci ditangkap pada tahun 1994 dari daerah Ulee Glee, Pidie Jaya dulu," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dijelaskan, sebelumnya Suci pernah melahirkan bayi gajah betina yang diberi nama Rosa yang akhirnya mati. Menurut Sapto, dalam kurun waktu dua hingga tahun terakhir ini di Aceh hanya ada dua gajah jinak yang melahirkan.

"Namuk kalau gajah liar cukup banyak dari pemantauan kita, tetapi kita belum dapat angka pastinya berapa," katanya.

Pihaknya pun memberikan kesempatan kepada Dirjen KSDAE untuk memberikan nama kepada bayi gajah yang baru lahir ini. Pihak Dirjen KSDAE juga telah mengusulkan dua nama yakni Cut Nyak dan Boni.

"Selanjutnya akan dilempar melalui medsos untuk divote oleh netizen selama dua hari, suara yang terbanyak akan dipilih sebagai nama untuk bayi gajah ini," ungkapnya.

Hari ini, tim dokter hewan BKSDA Aceh dan Unsyiah akan meluncur ke lokasi untuk memeriksakan kesehatan bayi gajah tersebut. Terkait perawatan bayi gajah, akan lebih bagus dirawat langsung oleh induknya sendiri diberikan asi.

"Seperti manusia juga diberikan asi, tentunya tim dokter kita dibantu Unsyiah akan melakukan pemeriksaan rutin ke depannya terhadap bayi gajah itu," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...