Kejati Terima Surat Izin Penahanan Darmili dari Plt Gubernur Aceh

acehportal/Hafizsatu unit mobil Fortuner BL 1 ST dan sebuah rumah mewah milik mantan Bupati Simeulu Darmili yang terletak di lorong Gembira Gampong Nesu Jaya Banda Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Kejati Aceh telah menerima surat izin dari Plt Gubernur Aceh terkait perkara kasus korupsi yang menjerat mantan Bupati Simeulu yang kini juga menjabat sebagai anggota DPRK di Simeulu Darmili.

"surat izin penahanan dari Plt Gubernur Aceh sudah kita terima hari ini dan tersngka Darmili sudah kita panggil kembali (kedua) untuk diperiksa sebagai tersngka pada hari Jumat 26 juli 2019." terang Kasipenkum Kejati Aceh Munawal, Rabu (24/7/2019).

Seperti diketahui kasus korupsi Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) memecahkan rekor sebagai kasus terbesar yang ditangani kejaksaan dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 51 miliar dati total kerugian seluruh kasus yakni Rp 74 miliar.

PDKS Simeulu adalah perusahaan daerah yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Perusahaan ini pertama didirikan tahun 2002 dan dihentikan operasionalnya pada 2012 karena tidak berdampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Simeulue meski telah menghabiskan anggaran Rp 227 miliar sejak 2002.

Dari sana publik mencium adanya aroma korupsi hingga akhirnya kasus itu berlabuh juga ke Kejati Aceh. Penyidik telah menetapkan mantan Bupati Simeulue Darmili sebagai tersangka.

Penulis:Rol
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...