Pemkab Aceh Barat Launching Daftar Informasi Publik

Pemkab Aceh Barat Launching Daftar Informasi Publik

Meulaboh, acehportal.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama LSM Masyarakat Tranparansi Aceh (MaTA) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh menggelar Launching Daftar Informasi Publik Kabupaten Aceh Barat tahun 2019, di Aula Kantor Bupati, Kamis (18/7/2019).

Pelucururan DIP tersebut untuk mendorong terwujudnya keterbukaan informasi publik. Pada kesempatan yang sama, Pemkab Aceh Barat, MaTA dan Dinas Kominfo Aceh melakukan penanda tangananan MOU komitmen mewujudkan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Aceh Barat.

Koordinator Masyarakat Tranparansi Aceh (MaTA), Alfian menyampaikan keberhasilan Pemkab Aceh Barat dalam menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten lain yang juga mendapatkan pendampingan oleh MaTA.

"Daftar Informasi Publik (DIP) sangat penting untuk mengetahui transparansi tata kelola pemerintahan, sehingga publik lebih mudah mengakses informasi publik sehingga dapat mencegah dan meminimalisir tindak pidana korupsi" ungkap Alfian.

Kepala Dinas Kominfo Aceh yang diwakili Kabid Pengelolaan dan layanan Informasi publik, Zalsufran, ST, M. Si dalam sambutannya mengatakan tujuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik adalah untuk menurunkan angka korupsi, jadi tidak ada alasan bagi ASN tidak memberikan informasi apa yang sudah masuk dalam DIP yang terbuka.

"Aceh Barat memiliki komitmen yang bagus dalam keterbukaan informasi publik karena sudah memiliki Daftar Informasi Publik, tidak semua Kabupaten/Kota memilki DIP, semoga Aceh Barat dapat lebih maju dalam hal keterbukaan informasi publik,"terangnya.

Bupati Aceh Barat yang diwakili Sekda, Drs. Adonis, M. Si mengharapakan dengan launching Daftar Informasi Publik (DIP) dapat mendorong keterbukaan informasi publik dalam tata kelola Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat.

"Kami mengapresiasi kinerja Kominfo Aceh Barat, Kominfo Aceh, MaTA dan tim pengabdian Universitas Teuku Umar atas dukungan dan kerjasamanya sehingga Launching Daftar Informasi Publik (DIP) dapat terlaksana.

"Pemkab Aceh Barat melalui Dinas Kominfo Aceh Barat berkomitmen penuh melaksanakan keterbukaan informasi publik karena searah dan sesuai Visi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yaitu Terwujudnya Aceh Barat yang islami, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan yang transparan, kredibel, akuntabel dan terintegritas.

Sebagaimana diketahui, sebelum Aceh Barat pihak LSM MaTA telah menanda tangani perjanjian (MoU) terlebih dahulu dengan Aceh Tamiang, dan akan menyusul Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Timur karena empat kabupaten/kota tersebut mendapatkan pendampingan penyusunan DIP dari pihak MaTA.

Dari empat kebupaten tersebut, Aceh Barat merupakan daerah paling pertama yang menuntaskan penyusun Daftar Informasi Publik.

Penulis:Ags
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...