Ini Alasan Karyawan Bank yang Mencuri Uang Rp 19 Juta di Kantornya

ist

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Seorang karyawan Bank Syariah Mandiri Lhokseumawe berinisial AS (35), warga Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe nekat mencuri uang senilai Rp 19 juta di kantornya sendiri dengan cara membobol dan membongkar kotak kas kemarin.

Hal ini dilakukan lantaran ia terdesak untuk membayar utang yang selama ini melilitnya. "Tersangka ini terlilit utang dan ingin membayar utang itu," ujar Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Reskrim, AKP Indra T Herlambang, Minggu (30/6/2019) kemarin.

Usai membobol kantornya sendiri beserta kotak kas berisi uang, dirinya langsung membuang kunci tersebut ke kawasan Waduk Lhokseumawe, sementara uang yang diambil langsung digunakan untuk membayar utang.

"Tersangka merupakan karyawan bank tersebut dan sudah bekerja sekitar 10 tahun. Karena itu dia punya kunci kantor, ia juga dipercaya oleh pihak kantor untuk memberikan dan menerima uang di kantor kas bank," katanya.

Tersangka, sambung Kasat, berutang kepada orang lain lantaran berniat untuk membangun usaha. Namun, ternyata usaha yang dibangun gagal dan memiliki banyak utang. Karena utang semakin banyak, ia pun gelap mata untuk melakukan pencurian uang itu.

"Tersangka dijerat Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," kata Kasat Reskrim.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...