Kondisi Anak Gajah Sumatera Yang Terjerat di Aceh Timur Berangsur Membaik

Tim BKSDA Aceh bersama sejumlah rekanan lainnya akhirnya menemukan seekor anak gajah Sumatera yang terjerat di kawasan hutan Aceh Timur

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Beberapa waktu lalu, seekor anak gajah Sumatera terjerat jeratan babi di kawasan hutan Aceh Timur. Anak gajah ini pun kemudian dibawa oleh tim gabungan BKSDA Aceh bersama rekanan ke CRU Serbojadi yang letaknya dekat dari lokasi penemuan.

Saat ini, kondisi anak gajah tersebut berangsur membaik. Hal ini dikatakan Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Selasa (25/6/2019) sore. "Kondisi gajah secara umum mulai membaik, dia mulai minum dan makan makanan yang diblender dan dicampur susu," ujar Sapto.

Jika diamati dari kondisi kotoran anak gajah betina itu, diketahui bahwa kotorannya mulai padat yang menunjukkan adanya perubahan baik terhadap anak gajah tersebut setelah beberapa hari sebelumnya sempat mengalami diare dan sedikit perut kembung.

"Untuk lukanya menunjukkan kemajuan yang signifikan, dimana jaringan baru mulai tumbuh dan berangsur menebal menutup bekas luka yang dalam karena tali jeratan," kata Sapto.

Kondisi anak gajah ini juga akan terus diperhatikan dan dirawat oleh tim yang tergabung dari dokter hewan bersama ranger FKL dan mahout untuk beberapa hari kedepan sejak kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, anak gajah ini ditemukan setelah tim menerima informasi adanya anak gajah yang terjerat di hutan Aceh Timur. Anak gajah itu pun ditemukan setelah tim mencari keberadaannya selama dua hari.

Anak gajah ini berjenis kelamin betina dengan usia yang diperkirakan sekitar satu tahun. Anak gajah ditemukan dalam kondisi dehidrasi terluka parah yang diperkirakan luka dialami selama dua minggu. Diduga, anak gajah ini juga sudah terpisah dari rombongannya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...