Antisipasi Terjadinya Kerusuhan, Babinsa Laksanakan Komsos ke Lapas Kelas 3 Abdya

Abdya - Hubungan Silaturahmi guna mendukung tugas pokok dari seorang Babinsa masih terus di lakukannya, selain melalui ketahanan pangan dan keikutsertaan dalam mensejahterakan petani Babinsa juga menjalin hubungan kerja dengan semua Instansi pemerintahan yang ada di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Posramil 08/Setia Serka Indra Asraldi dan Serda Edi Wahananto melaksanakan Komsos ke Lapas Kelas 3 yang bertempat di Desa Alue Dama, Kecamatan Suak Setia, Kamis (20/6/2019).

Kedatangan Babinsa tersebut di sambut baik oleh pihak Lapas Kelas 3. Banyak hal yang di bahas pada kegiatan Komsos tersebut di antaranya maraknya terjadi kerusuhan di Lapas yang mengakibatkan banyaknya Napi yang berhasil melarikan diri yang pastinya akan merugikan dirinya sendiri.

Ka Lapas Kelas 3 Erwin Siregar membenarkan telah banyak terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan banyaknya Napi yang berhasil melarikan diri, dan juga masih seringnya terjadi transaksi Narkoba di dalam Lapas.

Lanjutnya, kerusuhan yang sering terjadi di Rutan/Lapas disebabkan adanya overkapasitas Rutan/Lapas sebagai pemicu utama terjadinya kerusuhan, Overkapasitas Rutan/Lapas terjadi hampir disemua Rutan/Lapas yang ada di Indonesia, misalnya Rutan Salemba saja kapasitas penampungan 800 sampai 1000 orang, akan tetapi tahanan yang ditampung hingga saat ini hampir 3000 orang tahanan.

“Tentunya masalah ini bisa dilakukan upaya dengan melakukan pengurangan memasukkan tahanan dari kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan, ataupun dengan menambah dan membangun (Rutan, Lapas yang baru)," pungkasnya.

Serka Indra berharap tidak ada lagi kejadian kerusuhan di Lapas/Rutan tersebut, mudah-mudahan pihak pemerintah akan menemukan solusi dan jalan keluar agar kejadian kerusuhan dan tindak keriminal di Lapas/Rutan tidak akan terjadi lagi kedepannya.

“Kami selaku Aparat Kewilayahan Posramil 08/Setia akan siap membantu pihak Lapas apabila sewaktu-waktu di butuhkan guna menjaga kestabilitas lingkungan Lapas ini," tegas Serka Indra.

Komentar

Loading...