Cegah Serangan Hama Babinsa Koramil Beutong Bantu Menyemprot Padi

Nagan Raya, acehportal.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Blang Mesjid Koramil 05/Beutong Kopda Herizal ikut membantu penyemprotan hama padi milik Bapak Bukhori (52) dengan luas lahan 1 hektar yang terletak di Desa Blang Mesjid, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya dengan jenis padi Ciherang, Senin (17/06/2019).

Di temui di sela-sela kegiatannya, Babinsa Kopda Herizal mengungkapkan bahwa tanaman padi merupakan komoditas utama di indonesia. Dalam perawatan tanaman padi, membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus.

“Terlebih ketika tanaman padi mulai diserang hama dan penyakit. Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang tepat dan benar”, ujarnya.

 Babinsa menambahkan bahwa, waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka. Cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. “Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09.00 Wib dan sore jam 15.30 Wib, saat mulut daun terbuka”, jelasnya.

Sementara itu, Danramil 05/Beutong Kapten Inf Legianto menuturkan bahwa teknik penyemprotan merupakan salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi sehingga diharapkan bisa panen padi dengan hasil yang optimal.

 “Dengan pendampingan yang di laksanakan oleh Babinsa, di harapkan swasembada pangan dapat terwujud dan ketahanan pangan nasional dapat tercapai”, pungkas Danramil.

Komentar

Loading...