TNI AU Amankan Ganja yang Diselundupkan Lewat Kargo Bandara Internasional SIM

Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief bersama wartawan

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Personel TNI Angakatan Udara menggagalkan pengiriman ganja kering seberat 61 kilogram yang dikirim melalui jasa ekspedisi Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (12/6/2019).

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief yang dikonfirmasi mengatakan, paket ganja itu diamankan di gudang kargo bandara.

"Paket ganja dimasukan ke dalam 3 koper dan hendak dikirim ke luar Aceh menggunakan pesawat. Itu kita perkirakan paket ganja masuk pada Selasa malam dan pagi tadi diamankan,” ujarnya.

Danlanud menjelaskan, pada paket ganja ini tertulis alamat dan jasa pengiriman. Penemuan ganja ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap tiga koper itu. "Ada alamatnya, ada jasa pengirimannya dan ada juga tujuannya,” katanya.

"Jadi setiap barang kargo itu melewati pemeriksaan pintu X-Ray kargo. Dari kecurigaan itu baru dilakukan pemeriksaan ternyata ada ganja yang dimasukan ke dalam goni di dalam koper. Modusnya memasukan ke dalam koper untuk mengelabui petugas,” jelasnya lagi.

Menurut Danlanud, Bandara Internasional SIM Aceh merupakan salah satu pintu masuk dan keluar yang rawan terhadap peredaran narkoba baik itu ganja maupun sabu atau yang lainnya.

"Berkat kejelian petugas TNI AU dan jajaran yang bekerja sama dengan baik dalam pengamanan di bandara, pengiriman barang haram ini digagalkan,” katanya lagi.

Saat ini puluhan kilogram ganja tersebut sudah diserahkan kepada Polresta Banda Aceh untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Sementara, Kasat Resnarkoba Polresta Banda Aceh, AKP Budi Nasuha Waruwu membenarkan adanya hal itu.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan penyelidikan dan pengembangan untuk mengungkap kepemilikan ganja tersebut. "Oke lagi kita giat di lapangan. Nanti pasti kita beritahu,” katanya singkat.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...