Sokong Hasil Swasembada Pangan, Babinsa Lakukan Jemur Padi

Kutacane-Kopda Ardi Putra Bintara Pembina Desa (Babinsa) anggota Posramil Lawe Bulan jajaran Kodim 0108/Agara ikut membantu Rini Astuti (42) yang merupakan anggota Poktan Ingin Maju menjemur padi usai dipanen seluas 0.5 Ha beberapa waktu lalu di Desa Simpang Empat Kec. Lawe bulan, Kab. Aceh Tenggara. Senin (20/05/2019).

“Ini merupakan kebiasaan turun termurun bagi petani di Desa Simpang Empat, usai memanen padi tersebut langsung di jemur biar segar dan terjaga dengan baik ketika dimasukan kedalam karung, padi tidak busuk,” kata Kopda Ardi Putra.

Tambahnya, hampir seluruh petani di wilayah Desa Simpang Empat, ikut menjemur padi mereka yang sudah dipanen. Selain menjaga untuk mutu padi, buah padi dapat terjaga dengan baik pasca panen.

“Dengan adanya Babinsa melakukan pendampingan khsusus kepada seluruh poktan di wilayah binaan saya. Harapan kami, ekonomi bisa membantu dalam mendongkrak hasil panen yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Rini Astuti (42) anggota Poktan Ingin Maju mengatakan  sawah padi sangat mengapresiasi kepedulian Babinsa kepada seluruh petani. mulai dari musim tanam, monitoring tanaman padi, hingga panen.

“Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI dalam hal ini, babinsa maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara betani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksumal,” imbuh Rini Astuti.

Komentar

Loading...