Dandim Pimpin Upacara Harkitnas di Aceh Jaya

Aceh Jaya – Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Kav Andhie Suryatama memimpin jalannya pelaksanaan upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) ke 111 tahun 2019 Kabupaten Aceh Jaya, Senin ( 20/5/19).

Upacara yang mengangkat tema “Bangkit Untuk Bersatu” tersebut berlangsung di lapangan Upacara Makodim setempat Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Turut hadir dalam upacara ini unsur Forkopimda Aceh Jaya, para kepala SKPK, TNI-Polri serta ASN lingkungan Pemda Aceh Jaya.

Dandim dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo ) mangatakan bahwa telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditambah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini.

“ Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia “ ujar Dandim.

“ Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah, “ lanjut Dandim.

Kemudian pada kesempatan ini Dandim menyampaikan ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar bahkan lima besar dunia dalam 10 sampai 30 tahun mendatang.

“ Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan, “ ungkap Dandim.

Di ujung amanat Dandim mengajak agar sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa menuju kejayaan di pentas global.

Komentar

Loading...