Anggota DPRA Temui Kepala BPMA

Bau Tak Sedap dari Medco Anggota DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky Minta DLKH Periksa

Iskandar Usman Al-Farlaky

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Bau tidak sedap muncul di kawasan pemungkiman warga disekitar lingkar tambang PT Medco di Aceh Timur.

Sehingga warga dari wilayah operasi PT Medco di Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur, menggelar aksi demo ke lapangan migas CPP Blok A, di Gampong Blang Nisam, Kecamatan Indra Makmu, Aceh Timur, Kamis (16/5/2018).

Anggota DPRA asal Aceh Timur, Iskandar Usman Al-Farlaky juga turut menanggapi masalah ini dan segera meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh (DLKH) untuk membuka ke publik hasil tim peninjauan dan pemeriksaan sampel udara dan air yang diduga menimbulkan bau di kawasan lingkar tambang PT Medco di Aceh Timur.

Menurut Iskandar, hasil laboratorium dinas lingkungan hidup Aceh itu, penting untuk disampaikan ke publik supaya tidak menimbulkan asumsi publik seolah-olah hasil kerja tim ditutup-tutupi dan terkesan membela perusahaan tambang migas.

Ketua Fraksi Partai Aceh di DPRA ini juga menyampaikan, dirinya akan menyurati secara khusus kepada dinas DLHK Aceh untuk meminta hasil laboratorium.

“Kalau bahaya bilang bahaya, jangan ada kesan tidak baik dan masyarakat kita disana yang menerima imbas tidal baik. Bisa menganggu kesehatan mereka semisal anak-anak balita,” ungkapnya lagi

Ditambahkan Iskandar, berdasarkan laporan yang diterimanya, bau pertama kali Desember 2018, lalu Februari 2019, dan April 2019. Setiap peristiwa interval bau mencapai 6 hingga 9 hari.

Tidak berhenti disitu, angota DPRA asal Aceh Timur ini langsung bertemu dengan Plt Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris di Jakarta. Pertemuan itu membahas persoalan bau gas di kawasan lingkar tambang Medco di Aceh Timur.

Kepada kepala BPMA, Iskandar Al-Farlaky, mengajukan sejumlah pertanyaan terkait laporan warga dan mempertanyakan hasil tim DLHK dan BPMA yang sudah turun ke Aceh Timur beberapa waktu yang lalu.

Namun untuk memperjelasnya, bisa dilakukan uji lebih lanjut agar jelas dimana sumber masalah bau tersebut. "Semoga masalah ini bisa segera kelar dan masyarakat bisa nyaman," ungkap Ketua Fraksi PA ini. [**infoparlemen]

Penulis:redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...