Babinsa Bantu Petani Binaan Bajak Sawah dan Tanam Padi

Nagan Raya - Guna mendukung program Ketahanan Pangan Nasional pada percepatan masa tanam di tahun 2019, Babinsa Posramil Tadu Raya Kopda Rais terjun langsung ke sawah untuk membantu membajak dan menanam bibit padi di lahan sawah masyarakat binaannya di Desa Alue Seupeung, Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya, Senin (13/5).

Kopda Aris dengan cekatan turun ke sawah mengoperasikan langsung hand traktor guna membantu petani dalam pengolahan lahan sampai dengan siap ditanami.

“Pembajakan sawah dengan menggunakan cangkul ini bertujuan untuk memperbaiki fisik tanah yang semula mengeras kemudian dibalik menjadi gembur dan dilanjutkan dengan penggaruan (digaru) sembari dialiri air hingga lahan siap untuk ditanami padi,” jelasnya.

Dikatakan, dngan pengolahan lahan menggunakan cangkul juga harus dilakukan secara baik dan benar, diharapkan seusai petani menanami bibit padi, bibit akan tumbuh berkembang bebas dan para petani akan lebih mudah merawat tanaman, serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik.

“Dengan demikian, kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung Program Pemerintah tentang Ketahanan Pangan Nasional,” lanjutnya.

Ditambahkan, dengan menjadi negara swasembada pangan yang mumpuni serta tidak perlu lagi mengimpor beras dari negara lain, maka ketahanan nasional otomatis akan semakin kuat dan situasi keamanan juga akan semakin kondusif, karena rakyatnya sejahtera.

Komentar

Loading...