Kodim 0111/Bireuen Gelar Latnister TA 2019

Bireuen, acehportal.com  - Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis teritorial perorangan dan satuan khususnya di Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) agar mampu mengaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dilapangan, jajaran Kodim 0111/Bireuen melaksanakan kegiatan Latnister (latihan teknis teritorial) yang bertempat di Tribun Makodim 0111/Bireuen Jln Medan – Banda Aceh Ds.Blang blahde Kec.Jeumpa Kab.Bireuen, Senin (29/04/19).

Latnister merupakan upaya satuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara.

Kegiatan yang pelaksanaannya mulai tanggal 29 April 2019 sampai tanggal 04 Mei 2019 ini meliputi latihan teori selama 3 hari dan praktek selama 2 hari dengan materi latihan yaitu sikap teritorial dan lima kemampuan teritorial dengan metode ceramah, demonstrasi, peninjauan, aplikasi dan diskusi serta driil, terang Pasiops Kapten Inf Sulaiman.

Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amru Huda, S.E., M.M., M.Sc mengatakan pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD bertujuan untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan untuk kepentingan pertahanan negara, dan setiap individu Prajurit Satkowil wajib melaksanakan fungsi Binter (pembinaan teritorial) serta dituntut mampu melaksanakan tugas Binter di wilayah dengan baik.

Dandim menegaskan bahwa pembinaan latihan di jajaran Komando Kewilayahan Kodim 0111/Bireuen khususnya tingkat Koramil diarahkan untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) aparat Kowil agar mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas serta memiliki kualitas dan kemampuan teknis yang bisa diandalkan dalam menghadapi serta melaksanakan tugas-tugas pembinaan teritorial di wilayah penugasannya.

“ Latihan teknis teritorial ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan untuk memelihara, meningkatkan serta memantapkan kemampuan baik perorangan maupun Satkowil”, tutur Dandim.

Untuk itu, laksanakan kegiatan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan pahami betul semua materi yang diberikan, agar diperoleh keseragaman tindakan serta hasil latihan yang optimal, sehingga diharapkan setiap anggota mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas dilapangan sehingga pelaksanaan kegiatan tidak sia – sia.

Komentar

Loading...