Enam Hektar Ladang Ganja di Plimbang Bireuen

Ladang ganja di Plimbang Bireuen

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Dalam menjalan Operasi Antik Rencong 2019, personel Sat Resnarkoba Polres Bireuen menemukan dan memusnahkan enam hektar ladang ganja di sejumlah titik yang ada di kawasan pegunungan Gampong Janggot Seungko dan Balee Daka, Kecamatan Plimbang, Bireuen.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan melalui Kasat Resnarkoba, Ipda Nazir Repati mengatakan, penemuan ladang ganja ini berawal dari informasi yang diperoleh pihaknya dari masyarakat. Tim pun langsung bergerak menuju ke lokasi setelah menerima informasi tersebut.

"Untuk menuju ke lokasi dibutuhkan waktu tempuh selama 2 jam menggunakan sepeda motor yang kemudian berjalan kaki selama 5 jam dengan melewati perbukitan dan dua alur sungai karena lokasi berada di tengah hutan," ujarnya.

Pria yang sebelumnya bertugas di Polda Aceh ini menjelaskan, di lokasi pihaknya menemukan ladang ganja yang ada di lima titik. Sekitar 20-an personel yang terlibat pun langsung melakukan pemusnahan dengan cara mencabut seluruh batang ganja dan membakarnya hingga habis di lokasi penemuan.

"Di titik pertama hingga keempat ditemukan 4 hektar ladang ganja yang tinggi batangnya berkisar 50 sentimeter hingga 2,5 meter dengan jumlah batang sekitar 43 ribu batang. Usianya pun bervariasi mulai dari 20 hari hingga 3 bulan yang siap panen," jelasnya.

Sementara di titik kelima tepatnya di lokasi kedua, tim menemukan dua hektar ladang yang ditumbuhi sekitar 10 ribu batang ganja yang berusia sekitar tiga bulan. Tinggi batang ganja di lokasi kedua ini pun mulai dari 50 sentimeter hingga 260 sentimeter (2,6 meter) yang mana diketahui berat per batang ganja sekitar 720 gram.

"Seluruh ladang dimusnahkan, namun sebagian ada yang kita bawa pulang ke Mapolres untuk dijadikan barang bukti. Penemuan ladang ganja ini masih terus kita tindak lanjut," kata Ipda Nazir Repati.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...