Modus Kerjasama Jual-Beli Minyak Goreng, Seorang Pemuda Asal Aceh Tengah Ditangkap

pelaku yang ditangkap berinisial FP (26), Petani yang merupakan warga Gampong Semelit Mutiara, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah. 

ACEH TENGAH, ACEHPORTAL. COM - Seorang pemuda di Aceh Tengah ditangkap polisi setelah delapan bulan menghilang. Pasalnya, ia menipu korbannya dengan modus mengajak kerjasama untuk memperjual-belikan minyak goreng.

Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan, pelaku yang ditangkap berinisial FP (26), Petani yang merupakan warga Gampong Semelit Mutiara, Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah.

"Ia ditangkap Jumat (22/3/2019) kemarin  atas laporan korban yang dibuat di Polres Aceh Tengah pada tahun lalu tepatnya di bulan Februari. Ditangkap di tempat tinggalnya setelah petugas memperoleh informasi pelaku telah kembali dari pelariannya," ujarnya.

Dijelaskannya, penipuan dan penggelapan modal kerjasama ini terjadi saat pelaku mengajak korban bekerjasama dalam memperjual-belikan minyak goreng yang nantinya keuntungan penjualan minyak itu akan dibagi dua.

"Namun sejak saat itu hasil penjualan minyak goreng yang dijanjikan tidak pernah ada, saat dicari pelaku kabur ke luar daerah sehingga dilaporkan dan ditangkap kemarin," ungkap Direktur.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah, Iptu Agus Riwayanto Diputra mengungkapkan, kejadian itu berawal saat FP menawarkan kerjasama jual-beli minyak goreng. Saat itu pelaku meminta korban sebagai modal kerja yang nilainya Rp 5,4 juta.

"Korban memberikan uang itu yang mana pelaku menjanjikan keuntungan Rp 1 juta per bulan. Korban memberikan uang itu dengan cara ditransfer ke rekening pelaku," katanya.

Beberapa bulan kerjasama itu berjalan, korban pun tak pernah menerima keuntungan yang dijanjikan. Saat dicari keberadaannya, FP diketahui kabur ke luar daerah dan akhirnya ditangkap kemarin setelah pulang.

"Saat ini pelaku masih diamankan di Mapolres Aceh Tengah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kini dilakukan tahap penyidikan," tambah Kasat Reskrim.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...