DPRA Minta Pemerintah Maksimalkan Potensi Wisata Halal Di Aceh

Ketua Komisi VII DPR Aceh Ghufran Zainal Abidin

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Ketua Komisi VII DPR Aceh Ghufran Zainal Abidin meminta pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat agar memaksimalkan potensi wisata halal yang ada di Provinsi itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Saya berharap Disbudpar Aceh dapat memaksimalkan potensi wisata halal yang ada di sejumlah daerah, mengingat wisata halal saat ini menjadi salah satu incaran wisatawan Muslim di seluruh dunia,”kata Ghufran di Banda Aceh.

Menurut dia, sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, sudah sepatuhnya mempromosikan wisata halal kepada wisatawan Tanah Air dan Mancanegara.

“Sebaga daerah yang menerapkan syariat Islam memang wisata halal harus menjadi unggulan Aceh, disamping juga wisata alam, dan wisata tsunami yang mungkin tidak bisa didapatkan di daerah lan,”ungkapnya.

Untuk itu, Ghufran berharap kunjungan wisatawan ke Aceh setiap tahunnya akan terus meningkat seiring dengan keseriusan pemerintah Aceh dalam mengembangkan potensi sektor pariwisata tersebut.

Terkait infrastruktur wisata yang belum memadai, Ghufran mengharapkan adanya pembenahan infrastruktur di setiap destinasi wisata yang ada di Aceh. “Selain itu menjaga kebersihan wisata sangat penting dilakukan, karena kita menjual wisata halal,”ujarnya.

“Dengan begitu, wisatawan yang datang ke Aceh akan merasa nyaman dan menjadi duta-duta wisata yang akan mempromosikan Aceh ketika mereka kembali ke negaranya,”terang Ketua DPW PKS Aceh itu.

Menurutnya, setiap lokasi-lokasi wisata di Aceh harus dipastikan bersih, layak, apalagi WC nya harus bagus dan bersih, sehingga mencerminkan kehidupan masyarakat Aceh yang Islami. “Kalau ini tidak terpenuhi, maka para wisatawan hanya akan datang satu kali saja, dan tidak akan balik lagi atau mempromosikan wisata Aceh,”paparnya.

Komisi VII DPR Aceh yang membidangi syariat Islam dan Pariwisata mengharapkan kearifan lokal Aceh yang dekat dengan syariat Islam harus menjadi isu yang menarik untuk dikemas dan dijual ke wisatawan asing. “Ini salah satu upaya mempromosikan wisata Aceh kepada dunia,”sebutnya.

“Setiap even yang digelar di Aceh harus mencerminkan nilai-nilai syariat, harus mengandung kearifan lokal, serta memiliki manfaat dan mendorong perekonomian bagi masyarakat di Provinsi yang berpenduduk lima juta jiwa tersebut,”jelas Ghufran.

Terkait Launching Calendar of Event Aceh Tahun 2019, Ghufran Zainal Abidin menyambut acara launching kelender yang akan dilakukan oleh Menteri Pariwisata di Jakarta pada Jumat (22/03/2019) malam nanti.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan launching kelender tersebut, dapat meningkatkan kunjungan tingkatkan kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara ke Provinsi Aceh di tahun ini,”pungkas Ghufran zainal.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyambut baik launching Calendar of Event Aceh Tahun 2019 oleh Menteri Pariwisata RI di Jakarta. Menurutnya, peluncuran ini sebagai salah satu media efektif mempromosikan pesona wisata Aceh di Ibukota Republik Indonesia.

“Launching Calendar of Event Aceh 2019 bertujuan untuk memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan serta menarik minat wisatawan berkunjung ke Aceh, sehingga nantinya diharapkan dapat membangun semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memperkenalkan daerah nya masing-masing, sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan halal bagi setiap wisatawan,” jelasnya.

La juga menambahkan, melalui launching tersebut diharapkan Menteri Pariwisata dan jajarannya akan terus memberikan spirit dan dukungan kepada Aceh, dalam rangka menjadikan daerah di ujung Pulau Sumatera ini, sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Sebelumnya pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah menetapkan 100 agenda dalam Calender of Event (CoE) 2019. Disbudpar Aceh berharap melalui even-even tersebut dapat meningkatakan kunjungan wisatawan ke Aceh selama tahun 2019. [infoparlemen]

Penulis:redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...