Lanud SIM Manfaatkan Lahan Tidur jadi Kebun Sayur dan Buah

Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief menggagas pemanfaatan lahan tidur

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief menggagas pemanfaatan lahan tidur yang berada di lingkungan Lanud SIM, dimana kurang lebih terdapat satu hektar lahan tidur yang dapat disulap menjadi lahan produktif untuk tanaman yang menghasilkan buah ataupun sayuran guna meningkatkan kesejahteraan personel Lanud SIM, Aceh Besar.

"Sejauh ini hanya ditumbuhi semak belukar dan tidak terjamah. Dapat disiasati dengan membersihkannya kemudian tanami pohon jenis buah-buahan seperti pepaya california dan semangka atau juga dapat ditanami sayuran seperti jagung, terong, cabai, pare dan ketimun," ujarnya.

Menurut Danlanud, mengubahnya menjadi lahan produktif dapat memberikan manfaat yang positif bagi Lanud SIM. "Apalagi yang memiliki hobi berkebun ini media yang sangat baik untuk digeluti, selain kesibukan kedinasan," katanya.

Gagasan itu pun langsung direspon positif Kadisops Lanud SIM, Letkol Pas Catur Yanuar dengan membentuk kelompok kerja serta mendatangkan alat berat untuk membersihkan lahan.

Langkah awal memulai pengolahan lahan tidur yang berada di samping GOR Praka Sutrisno Lanud SIM yaitu membersihkan semak belukar dan tanaman perdu liar yang memenuhi lahan, menggemburkan tanah dengan mencangkul serta menggunakan alat berat untuk mengangkat bagian tanah yang kering.

"Ini adalah peluang yang sangat baik bagi Lanud SIM untuk meningkatkan kesejahteraan personelnya, asalkan kita bekerja sama, telaten, ulet dalam memanfaatkan lahan tidur ini," katanya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...