Babinsa Koramil 16/Tangse Bantu Masyarakat Buat Bendungan Tradisional

Pidie -  Sebagai bentuk implementasi Pengamalan Delapan Wajib TNI, Babinsa Koramil 16/ Tangse Kodim 0102/ Pidie bersama masyarakat desa dusun Alue Badeuk Desa Blang Dhot melaksanakan Kegiatan Gotong royong Pembuatan Bendungan irigasi secara Tradisional. Senin (25/02/3019).

Dengan menggunakan peralatan dan bahan seadanya berupa batang pohon kelapa, kayu dan terpal, Sertu Purnama bersama masyarakat membendung sungai agar air dapat kembali masuk ke Pintu air saluran irigasi yang sebelumnya telah tersedia.

Sertu Purnama menjelaskan bahwa kegiatan pembendungan sungai tersebut dilakukan karena bendungan permanen yang sebelumnya ada rusak di terjang banjir besar beberapa waktu lalu.

Akibat rusaknya bendungan tersebut, kurang lebih seluas 200 Ha lahan sawah di wilayah desa Blang Dhot, desa Blang Bungong dan desa Blang Teungoh terancam mengalami kekeringan.

Lebih lanjut Seru Purnama menyampaikan kegiatan ini juga untuk mendukung dan mensukseskan Program Swasembada Pangan di wilayah Kabupaten Pidie.

Ditempat terpisah mewakili Komandan Kodim 0102/ Pidie terkait kegiatan anggota Babinsanya tersebut Danramil 16/ Tangse Kapten Inf Jaelani mengatakan sangat berharap kepada para petani bila ada suatu permasalahan terkait bidang pertanian agar berkoordinasi dengan Babinsa dan PPL segera mungkin dan akan dicarikan solusi permasalahannya.

"Misalnya seperti permasalah pengairan, kelangkaan pupuk, serangan hama atau yang lainnya. Karena kedudukan Babinsa dan PPL selaku pendamping pertanian harus selalu hadir dan selalu ada ditengah tengah petani dan masyarakat,” ungkap Danramil.

Komentar

Loading...