Prabowo Dituntut Kembalikan Tanah ke Rakyat Gayo

Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Gayo Merdeka melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Tugu Simpang Lima

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Gayo Merdeka melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Tugu Simpang Lima, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Sabtu (23/2/2019). Mereka menuntut salah satu calon presiden yakin Prabowo Subianto untuk mengembalikan tanah di Gayo kepada masyarakat Gayo.

Koordinator Lapangan Gayo Merdeka, Muhammadinsyah mengatakan, penguasaan hak atas tanah di Gayo adalah hak mutlak bangsa Gayo tang tidak boleh dihilangkan, dikurangi, dialihkan dan dikuasai oleh oknum yang memiliki modal.

Menurutnya, tanah Gayo merupakan daerah agraris dan kepemilikan tanah bagi masyarakat Gayo merupakan keharusan karena tanah adalah modal yang fundamental harus dimiliki petani.

"Petani tanpa tanah adalah buruh dan menjadi buruh tani di tanah agraris sama rasanya dengan dijawab. Karena itu, penguasaan tanah 93 ribu hektar di Aceh Tengah dan Bener Meriah adalah bentuk lain dari penjajahan," ujarnya.

Ia menjelaskan, penguasaan tanah oleh Prabowo Subianto di Gayo dengan izin Hutan Tanaman Industri yang dikuasai oleh PT Tusam Hutan Lestari merupakan salah satu penyebab terhambatnya kemajuan ekonomi rakyat Gayo yang berbuntut penderitaan dan kemiskinan rakyat. Atas dasar itulah pihak Gayo Merdeka mengecam keras atas tindakan itu.

"Tidak ada ruang bagi Prabowo menguasai tanah di Gayo karena jelas hutan yang ada di Gayo sejak zaman kerjaan dulu adalah hutan adat," kata Muhammadinsyah.

Berikut tuntutan yang disampaikan para pengunjuk rasa:

1. Prabowo Subianto harus mengembalikan tanah tersebut kepada masyarakat Gayo

2. PT Tusam Hutan Lestari harus angkat kaki dari tanah Gayo, serta

3. Prabowo meminta maaf kepada rakyat Gayo dan mengembalikan semua keuntungan yang selama ini diterima

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...