Seorang Anak di Nagan Raya Dianiaya Ayah Kandungnya

seorang anak di Nagan Raya dianiaya oleh ayah kandungnya sendiri

NAGAN RAYA, ACEHPORTAL.COM - Tindak kekerasan terhadap anak dibawah umur masih terjadi di Aceh. Kali ini, seorang anak di Nagan Raya dianiaya oleh ayah kandungnya sendiri. Peristiwa ini terjadi Senin (18/2/2019) kemarin di kawasan Gampong Lueng Teuku Ben, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya.

Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto melalui Kasat Reskrim, AKP Boby Putra Ramadhan Sebayang mengatakan, peristiwa ini ditindaklanjuti setelah pihaknya menerima laporan dari ibu kandung korban.

Korban diketahui berinisial CM (9), sementara pelaku yang tak lain adalah ayah kandung korban berinisial IKD (37) yang kesehariannya berprofesi sebagai petani yang ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya, Rabu (20/2/2019).

"Tersangka menganiaya korban yang merupakan anak kandungnya dengan cara memukuli dan menampar bagian wajah hingga muka dan mata korban berdarah," ujarnya saat dikonfirmasi Jumat (22/2/2019).

Dijelaskannya, penganiayaan itu dilakukan karena pelaku kesal dan marah terhadap korban karena anaknya berkata jujur bahwa sang ibu tidak pernah mencuri. Menurut korban, ayah kandungnya itulah yang suka mencuri.

"Sebelumnya ada tuduhan bahwa ibu korban suka mencuri, namun sang anak mengaku bahwa ibunya tidak pernah mencuri melainkan pelaku yang merupakan ayah kandungnya," kata Kasat.

Saat ini, IKD masih diamankan di Mapolres Nagan Raya untuk diperiksa lebih lanjut. Ia terjerat Pasal 76C jo Pasal 80 ayat 2 atau ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Ancaman kurungan penjara paling lama 5 tahun dan atau denda paling banyak Rp 100 juta serta pidana ditambah sepertiga dari ketentuan apabila penganiayaan tersebut yang melakukan adalah orang tuanya," tambah Kasat.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...