Kuburan Massal Korban Tsunami di Kajhu Dibongkar dan Dipindahkan

Pembongkaran kuburan massal di Kajhu

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sejumlah warga dan pihak terkait lainnya membongkar dan memindahkan kuburan massal korban tsunami 2004 silam di kawasan Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (19/2/2019). Kuburan massal ini dibongkar dan dipindahkan karena lahan tersebut kini milik sebuah Klinik di Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kapolsek Baitussalam, Iptu Afrinal mengatakan, pemindahan kuburan massal ini dilakukan berdasarkan surat pemberitahuan keuchik gampong setempat.

"Lahan tersebut sudah dibeli oleh pihak klinik, penjual punya inisiatif untuk dipindahkan ke tempat lain yang sudah disiapkan. Pembongkaran dilakukan dengan mengerahkan alat berat ekskavator (beko) yang dibantu warga setempat," ujarnya.

Dari pembongkaran kuburan itu, diketahui ada tiga kerangka jenazah yang memiliki identitas yakni diketahui Alimudin, warga Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Muhammad, warga Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar serta Faisal, warga Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

"Ketiga jenazah sudah diambil pihak keluarga untuk dikebumikan kembali. Untuk jumlah jenazah yang ditemukan sebanyak 21 jenazah yang terdiri dari 5 lelaki dan 16 perempuan. Jenazah ini kembali dikebumikan di kawasan Gampong Cot Paya, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar," jelasnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...