Babinsa Koramil 21/Blang Bintang Dampingi Petani Rawat Tanaman Padi

Aceh Besar, acehportal – Demi pencapaian hasil panen yang optimal, maka pada masa perawatan tanaman padi harus dilakukan secara maksimal, karena merawat tanaman padi merupakan salah satu faktor yang harus diperthatikan.

Untuk mencapai hal tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0101/BS secara rutin dan berkesinambungan melaksanakan pendampingan kepada petani di wilayah binaan masing-masing.

Seperti dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 21/Blang Bintang Kopda Hasanuddin membantu petani membersihkan rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi, bertempat di Desa Cot Mancang Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar, Senin (18/02/19).

Kopda Hasanuddin mengatakan, pembersihan rumput di lahan persawahan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara antara tanaman produksi dan gulma, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Jika rumput dibiarkan tumbuh, maka dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi itu sendiri, akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan membuat tanaman kurang sehat,” ujarnya.

Lebih lanjtu dikatakan, penyiangan penting dilakukan, karena tanaman padi yang tumbuh harus mendapatkan semua nutrisi dan air supaya mampu menghasilkan panen secara optimal.

“Mencabuti rumput secara tradisional dilakukan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman padi bisa tumbuh dengan normal,” imbuh Kopda Hasanuddin.

Komentar

Loading...