21 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Bener Meriah

Sejumlah rumah warga rusak akibat angin puting beliung di Bener Meriah

BENER MERIAH, ACEHPORTAL.COM - Angin puting beliung kembali terjadi di Bener Meriah. Kali ini terjadi di kawasan Gampong Panteraya Timur dan Gampong Wih Pesam, Kecamatan Wih Pesam, Senin (18/2/2019) sore tadi sekira pukul 17.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBA, Ahmad Dadek mengatakan, satu jam sebelumnya yakni sekira pukul 16.00 WIB terbentuk siklon awan tebal pekat hitam di sela-sela panas terik dan terbentuk awan Qumolonimbus dengan durasi sekitar setengah jam.

"Kemudian terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang membentuk corong puting beliung," ujarnya.

Dijelaskannya, tepat pukul 17.00 WIB terjadi angin puting beliung di kedua gampong tersebut yakni Panteraya Timur dan Wih Pesam dengan durasi angin kurang lebih setengah jam yang memporak porandakan sejumlah rumah di kedua gampong tersebut.

"Angin puting beliung merusak 21 rumah warga. Korban terdampak untuk sementara ini ada 21 KK. Hingga kini masih dilakukan pendataan korban terdampak dan pembersihan puing-puing rumah warga," jelasnya.

Kondisi terakhir di lokasi, sambung Dadek, telah dilakukan penanganan darurat dengan memasang terpal pada atap rumah warga dan pemberi sejumlah bantuan logistik kepada warga terdampak terhadap puting beliung tersebut.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...