Danlanud SIM: Prajurit TNI Tidak Berpolitik Praktis

Kadisops Lanud SIM, Letkol Pas Catur Yanuar saat acara Ceramah Netralitas TNI di Crew Room Lanud SIM

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Prajurit TNI tidak berpolitik praktis dan tidak melibatkan diri bahkan mendukung dalam bentuk apapun terhadap salah satu partai politik. Hal ini dikatakan Danlanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Kolonel Pnb Hendro Arief dalam sambutan yang dibacakan Kadisops Lanud SIM, Letkol Pas Catur Yanuar saat acara Ceramah Netralitas TNI di Crew Room Lanud SIM, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang diikuti seluruh personel Lanud SIM, Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh ini menurutnya sebagai wadah berinteraksi dan saling berbagi informasi tentang netralitas TNI dalam rangka reformasi internal TNI yang termuat pada Pasal 5 ayat 2 Tap MPR/VII/2000 tentang peran TNI & Polri serta pasal 39 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dikatakannya, arti netral adalah tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak, sehingga netralitas TNI adalah TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri kepada politik praktis  bentuk apapun.

Melalui ceramah ini, lanjutnya, seluruh personel Lanud SIM dapat memperoleh berbagai ilmu dan wawasan mengenai bagaimana sikap, tindakan apa yang boleh diperbuat maupun tidak selama pesta demokrasi berlangsung serta masukan yang sangat berharga bagi pelaksanaan tugas kita sebagai anggota TNI.

"Tidak perlu ragu untuk bertanya agar kita tidak salah melangkah serta memperoleh arahan dan gambaran yang lebih jelas untuk bersikap netral," katanya Kamis (14/2/2019) seraya menekankan kepada personel mempunyai bekal pengetahuan mental yang siap dalam melaksanakan tugas sesuai dengan harapan TNI Angkatan Udara.

Selaku penceramah, Kadispers, Letkol Adm Elvan Zunaidi juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh prajurit TNI yang berdasarkan perintah Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar seluruh prajurit TNI khususnya Lanud SIM senantiasa memperhatikan perintah pimpinan.

Tahun ini, katanya, akan dihadapkan tahun politik yaitu pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan serentak 17 April mendatang dan dalam pelaksanaannya prajurit TNI harus selalu berpegang teguh serta menjunjung tinggi pada komitmen netralitas TNI.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...