Enam Pembalak Liar Diamankan bersama 47 Batang Kayu Olahan di Geumpang

Polres Pidie mengamankan enam pelaku pembalakan liar di kawasan hutan lindung dan pegunungan yang ada di Kecamatan Geumpang, Pidie

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Pidie mengamankan enam pelaku pembalakan liar di kawasan hutan lindung dan pegunungan yang ada di Kecamatan Geumpang, Pidie, Kamis (17/1/2019) sore kemarin.

Kapolres Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar melalui Kasat Reskrim, AKP Mahliadi mengatakan, para pelaku ini ditangkap di dalam hutan setelah pihaknya menerima informasi masyarakat adanya kegiatan pembalakan liar.

"Kemudian kira menuju ke lokasi dan mengamankan pelaku yang berinisial AB (33), MI (45), MZ (27), MH (48) serta MIS (26) dan MHT (32) yang merupakan warga Kecamatan Geumpang, Pidie," ujarnya Jumat (18/1/2019) saat dikonfirmasi.

Dalam penangkapan ini, pihaknya mengamankan barang bukti berupa satu unit gergaji mesin (sinsau) serta 47 batang/potong kayu olahan jenis bran dan dua jeriken berkapasitas lima liter yang diduga untuk mengisi bahan bakar sinsau itu.

"Saat diperiksa, mereka mengaku tak ada izin sehingga kita amankan dan kita proses lebih lanjut hingga saat ini," kata Mahliadi.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 82 ayat 1 huruf b dan c jo Pasal 83 ayat 1 huruf b jo Pasal 12 huruf e UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1e KUHPidana.

"Dengan ancaman lima tahun penjara," tutup Kasat Reskrim Pidie, AKP Mahliadi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...