Polres Aceh Tamiang Ungkap Penggelapan 25 Unit Mobil Rental

Polres Aceh Tamiang Ungkap Penggelapan 25 Unit Mobil Rental

ACEH TAMIANG, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Aceh Tamiang mengungkap penggelapan mobil rental berdasarkan laporan yang dibuat korbannya. Alhasil, polisi mengamankan barang bukti berupa 25 unit mobil milik korban.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian melalui Kasat Reskrim, Iptu Dimas Adhit Putranto mengatakan, kasus ini terungkap atas laporan korbannya yakni Ismawati (40), sementara pelaku berinisial MRT (43). Keduanya merupakan warga Gampong Bukit Tempurung, Kecamatan Kuala Simpang, Aceh Tamiang.

"Korban ini juga merental mobil. Jadi saat itu tersangka datang ke rumah korban untuk merental mobil Avanza selama 7 hari. Namun terakhir tersangka belum mengembalikan mobil itu," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (3/1/2019) siang.

Ismawati pun sempat mencari tahu keberadaan mobilnya yang direntalkan itu. Akhirnya diketahui bahwa mobil itu telah digadaikan oleh tersangka MRT ke orang lain. Polisi yang menerima laporan korban kemudian langsung menangkapnya.

"Dari interogasi, tersangka mengaku bahwa mobil korban digadai ke RDW (34), warga Peureulak, Aceh Timur dengan mengambil uang sebesar Rp 30 juta," kata Dimas.

Selain itu, tersangka MRT pun mengaku bahwa perbuatannya ini tak hanya sekali dilakukan tetapi ada puluhan unit mobil lain yang direntalnya. Atas pengakuannya, petugas kemudian melakukan pengembangan lanjut.

"Akhirnya diamankan 25 unit mobil rental yang digadaikan pelaku. Pelaku berpura-pura merental mobil untuk keperluan pribadi yang kemudian digadaikan. Untuk mengelabui korbannya, tersangka sebelumnya dikenal sebagai salah seorang pengusaha rental mobil," ungkapnya.

Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan RDW sebagai tersangka sebagai penadah. Karena, sambungnya, RDW merupakan orang yang bertugas sebagai penampung dan mencari penerima mobil gadaian.

"Pelaku dijerat Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Masyarakat yang merasa kehilangan mobil pun dapat membawa kelengkapan surat untuk mengambil kembali di Polres Aceh Tamiang," tutupnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...