Polisi Amankan 5 Ton Pupuk Bersubsidi di Pidie

Polres Pidie sita pupuk bersubsidie

PIDIE, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Pidie mengamankan lima ton pupuk bersubsidi di sebuah gudang yang berada di kawasan Gampong Riweuk, Kecamatan Sakti, Pidie, Rabu (2/1/2019).

Kapolres Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar melalui Kasat Reskrim, AKP Mahliadi mengatakan, diamankannya pupuk di gudang milik TA (60) warga setempat ini karena diduga tak memiliki izin peredaran.

"Informasi dari petani sejak awal Desember terjadi kelangkaan pupuk. Lalu kita tindaklanjuti dan kita amankan pupuk ini di gudang yang bersangkutan," ujarnya.

Dari lima ton pupuk itu, terdapat 107 karung pupuk jenis Poska, Urea dan Za. Diduga, pemilik pupuk ini tidak memiliki izin dagang sehingga diamankan oleh polisi.

"Hingga kini masih kita lidik, jika terbukti bersalah yang bersangkutan dijerat Pasal 21 Jo Pasal 30 ayat 3 Permendag RI Nomor 15/M-DAG/Per/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian," ungkapnya.

Selain itu, sambung Mahliadi, yang bersangkutan juga dapat dikenakan Pasal 24 ayat 1 UU RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...