Permudah Akses Pelayanan, Sekjen Kemenag RI Resmikan PTSP Kanwil Aceh

Banda Aceh, Acehportal.com – Sekjen Kementrian Agama RI Prof. M. Nur Kholis Setiawan meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Aceh, Banda Aceh, Kamis (27/12/18).

"Tujuan PTSP ini untuk mempermudah akses pelayanan bagi masyarakat dan mewujudkan proses pelayanan yang lebih cepat, mudah, murah, transparan, pasti, akuntabel dan terjangkau,"ujar Nur Kholis.

Ia mengatakan, PTSP merupakan salah satu program Direktif Menteri Agama 2018 yang harus dimiliki oleh setiap Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia.

"Menteri Agama sendiri mewajibkan PTSP seluruh Kanwil Kemenag se Indonesia, dan ditargetkan semua selesai tahun 2018, Alhamdulillah hampir semua miliki PTSP, tinggal satu provinsi lagi yang akan diresmikan dalam waktu dekat," jelasnya.

Nur Kholis berharap, dengan adanya PTSP ini semoga dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya melihat ada 51 layanan seluruh fungsi Kementrian Agama, ada layanan operasional, misalnya ketika masyarakat memerlukan izin operasional dayah atau madrasah, kemudian ada izin bagi PNS yang mau izin belajar S2, kemudian layanan terkait haji, layanan penceramah, intinya PTSP ini adalah untuk memangkas mata rantai birokrasi pradigma lama, maka sekarang paradigma baru itu birokrasi lebih cepat dan akuntabel dalam melayani masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh Daud Fakeh mengatakan PTSP ini merupakan salah satu ikhtiar dalam mewujudkan pelayanan terbaik dan udah kepada masyarakat.

"Agar nantinya kedepan masyarakat mulai menikmati birokrasi yang tidak ribet dan semua kan mendapat pelayanan melalui PTSP ini," ujarnya.

Sampai saat ini, kata Daud Fakeh, sudah ada 8 Kabupaten/Kota dalam dalam Provinsi Aceh yang telah kami Lauching PTSP, tentunya dengan harapan semua Kankemenag juga memiliki PTSP.

"Jumlah pelayanan yang terdapat dalam PTSP Kanwil Kemenag Aceh adalah 51 jenis layanan dan kami berkeinginan PTSP Kanwil Kemenag menjadi PTSP terbaik dari seluruh PTSP yang ada di seluruh Kanwil se Indonesia" terangnya.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...