Penyebar Video Editan ‘Sinterklas Ma’ruf Amin’ Ditangkap di Aceh Utara

Banda Aceh, Acehportal.com - Tim gabungan Sat Reskrim Polres Lhokseumawe menangkap seorang pelaku penyebar video hoax atau ujarnya kebencian. Video yang disebarkan yakni tentang ucapan selamat natal calon wakil presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin yang diedit menyerupai Sinterklas.

Kabid Humas Polda Aceh, AKBP Ery Apriyono mengatakan, video hoax itu tersebar di Youtube dan diunggah melalui akun YouTube bernama Ds Yutube. "Pelaku seorang mahasiswa berinisial S (31), warga Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara," ujarnya Kamis (27/12/2018).

Dijelaskannya, pelaku diamankan tim gabungan di kawasan Dayah Cot Teung, Gampong Cot Teung, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Penangkapan ini dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Aceh Utara, Iptu Riski Adrian.

"Pelaku menggunakan media sosial YouTube pada Senin (24/12/2018) lalu untuk menyebarluaskan sebuah video Prof Dr. KH. Ma'ruf Amin dengan ucapan selamat natal yang mana dalam video itu gambar Kyai Ma'ruf Amin diedit menjadi Sinterklas. Selain itu juga ditambah narasi yang berbunyi "menjual iman demi jabatan"," jelasnya.

Pelaku diamankan berdasarkan Laporan informasi Nomor: R/LI/2614/XII/2018/Dittipidsiber tertanggal 25 Desember 2018 kemarin. "Pelaku kini sudah diamankan dan akan proses secara hukum dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)," tambahnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...