Lagi! 12 Warga Myanmar Diselamatkan Nelayan Aceh Timur

12 orang warga Myanmar yang terombang-ambing di lautan diselamatkan oleh seorang nelayan asal Idi Rayeuk

ACEH TIMUR, ACEHPORTAL.COM - Sebanyak 12 orang warga Myanmar yang terombang-ambing di lautan diselamatkan oleh seorang nelayan asal Idi Rayeuk, Aceh Timur bernama Azhari (30), Rabu (19/12/2018). Belasan imigran itu ditemukan di perairan perbatasan Indonesia-Thailand yang kemudian dibawa menggunakan kapal nelayan KM Harapan Makmur.

Menurut informasi dari Kasat Polair Polres Aceh Timur, Iptu Pidinal Limbong, kapal nelayan lainnya bernama KM Tabina yang dinahkodai oleh Husaini tengah mencari ikan diantara perbatasan Indonesia-Thailand. Kemudian, sebuah kapal bermuatan barang melintas yang mana saat itu kondisi cuaca sangat buruk disertai ombak besar dan badai.

"Tiba-tiba kapal muatan batang itu menghilang dan tenggelam diterjang ombak, para ABK hanyut menuju ke arah perairan Indonesia," ujarnya.

Mengetahui kejadian itu, tak jauh dari lokasi Husaini memberikan pertolongan kepada para ABK yang hanyut dan berusaha mencari bantuan ke kapal yang lebih besar yakni KM Harapan Makmur yang dinahkodai Azhari yang melintas di lokasi. Belasan imigran itu pun kemudian diangkut dan dibawa.

"Karena cuaca buruk ombak besar, dengan menempuh perjalanan selama 3 hari akhirnya KM Harapan Makmur dan para ABK kapal tiba, mereka langsung dibawa ke Kantor Sat Polair Polres Aceh Timur," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan Kapten kapal muatan barang tersebut bernama Kyaw Soe, mereka merupakan warga negara Myanmar etnis Burma yang berkeyakinan Budha dia bukan warga Myanmar etnis Rohingnya. Kapal yang mereka yang tenggelam bernama MV Htoo Anna War yang mengangkut kayu dengan tujuan ke Penang, Malaysia.

"Setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan, kami melakukan koordinasi dengan instansi terkait, khususnya pihak Imigrasi terkait pemulangan 12 warga Myanmar ini," tambah Iptu Pidinal Limbong.

Berikut nama-nama belasan warga negara Myanmar tersebut:

1. Kyaw Soe (50)
2. Shwe Htoo Moung (65)
3. Thart Zin Soe (28)
4. Thaing Zow (44)
5. Atar Do (25)
6. Tun Kyi (57)
7. Nay Lin Tun (25)
8. Aung Ko Hein (21)
9. Nine Maya (18)
10. Ye Yaint Kyaw (20)
11. Nyi Nyi Lin Tun (21)

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...