Ada Fenomena Awan Topi di Gunung Burni Telong

Fenomena awan di puncak gunung burni telong

BENER MERIAH, ACEHPORTAL.COM - Pemandangan yang tak biasa terlihat di puncak Gunung Burni Telong, Bener Meriah, Selasa (19/12/2018). Dari kasat mata terlihat ada kumpulan awan putih berbentuk pusaran angin yang berada tepat di atas puncak gunung itu.

Hal ini terlihat sejak pagi hari. Warga yang berada di sekitaran Bandara Rembele, Bener Meriah pun mengungkapkan, fenomena ini baru terlihat dan menurutnya merupakan salah satu fenomena langka meski hanya terlihat sekitar 1,5 jam dan menghilang.

Sekitar satu minggu yang lalu, fenomena yang sama juga sempat terlihat di atas puncak Gunung Semeru, Jawa Timur. Bahkan di Gunung Mahameru, awan seperti ini tampak melingkari puncak gunung.

Pihak BMKG mengungkapkan, fenomena ini adalah hal yang biasa namun tergolong langka. Forecaster BMKG Stasiun Blang Bintang, Rahmad Tauladani mengatakan, fenomena ini bernama awan topi (awan Lenticular) yang merupakan fenomena biasa dari proses terbentuknya awan yang diakibatkan oleh besarnya turbulensi di puncak gunung.

"Fenomena awan topi ini berbahaya bagi penerbangan Meksiko terlihat indah. Di sekira wilayah puncak gunung itu terjadi turbulensi yang cukup besar sehingga pilot pesawat diminta untuk waspada dan menghindari kawasan puncak Burni Telong. Biasanya pun para pilot akan menghindari wilayah itu," jelasnya.

Selain itu, fenomena ini juga berbahaya bagi pendaki gunung karena jarak pandang yang sangat pendek akibat tebalnya kabut dan udara yang menjadi lebih dingin yang biasanya dapat mengganggu pernapasan para pendaki gunung. Hal ini pun bukan yang pertama kali terjadi di Bener Meriah.

"Ini sering terjadi di gunung lainnya, di luar Aceh misalnya Gunung Sumbing di Semarang, Gunung Agung di Bali, Gunung Semeru di Malang bahkan Gunung Fuji di Jepang," tambah Rahmad.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...