Trumon Aceh Selatan Banjir Ketinggian Air Capai 3 Meter

Foto PUSDALOPS PB BPBD Kabupaten Aceh selatan

ACEH SELATAN, ACEHPORTAL.COM - Informasi terkini yang diperoleh dari BPBA, banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun tiga kecamatan yang dikanda banjir terparah yakni di Kecamatan Trumon Timur, Gampong Seuneubok Pusaka
Gampong Titi Poben, kemudian Kecamatan Trumon Tengah Gampong Lhok Raya Gampong Cot Bayu serta Kecamatan Trumon Gampong Padang Harapan.

Kepala pelaksana BPBA T Ahmad Dadek melalui pesannya dalam grup whatshap peduli bencana menyebutkan, banjir yang terjadi akibat meluapnya Sungai Gelombang Kec. Sultan Daulat Pemkot Subulussalam yang salah satunya bermuara ke Kecamatan Trumon Timur, Trumon Tengah dan Trumon Kabupaten Aceh Selatan mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa titik di wilayah Trumon Raya dengan ketinggian air bervariasi antara 25 cm sampai dengan 60 cm.

Akibat dari dampak banjir tersebut yaitu, Kecamatan Trumon Timur Gampong Seuneubok Pusaka 25 Unit Rumah dan Gampong Titi Poben 10 Unit rumah, Kecamatan Trumon Tengah pada Gampong Lhok Raya 100 Unit rumah, serta Gmpong Cot Bayu 150 Unit Rumah, total terdampak sementara 285 unit rumah.

Sedaangkan korban terdampak di Kecamatan Trumon Timur di Gampong Seuneubok Pusaka (27 Kk 104 Jiwa), Gampong Titi Poben (11 Kk). Kecamatan Trumon Tengah Gampong Lhok Raya (112 Kk 419 Jiwa), Gampong Cot Bayu (173 Kk 688 Jiwa). Kemudian Kecamatan Trumon Gampong Padang Harapan (15 Kk 56 Jiwa), total terdampak sementara (338 Kk 1267 Jiwa). Sedangkan untuk pengungsi yang di dalam penampungan sebanyak 104 Kk 402 Jiwa.

Kini upaya yang telah dilakukan di lapangan tim gabungan BPBD, Satgas SAR, TNI, POLRI Terus memantau ketinggian air. Petugas sudh menstandbykan Rubber Boat di titik-titik lokasi banjir untuk mengevakuasi masyarakat yang mau di evakuasi. PUSDALOPS PB BPBD Kabupaten Aceh selatan juga sudah membuka dapur umum untuk pengungsi.

Penulis:dedi
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...