Sembunyi di Peukan Bada, Napi Kasus Pembunuhan Ini Ditangkap Saat Hendak ke Takengon

Napi Lapas Klas II a Banda Aceh

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Pihak kepolisian kembali menangkap seorang napi Lapas Klas II A Banda Aceh yang berada di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar yang kabur beberapa waktu lalu pasca dibobolnya lapas setempat.

Penangkapan dilakukan Minggu (16/12/2018) dinihari sekira pukul 01.15 WIB di depan Mapolsek Sukamakmur Polres Aceh Besar setelah tim gabungan melakukan razia di depan Mapolsek.

"Yang bersangkutan bernama Zulkifli (35), warga Gampong Mesjid Pante Raya, Kecamatan Pante Raya, Pidie Jaya yang menjalani hukuman atas kasus pembunuhan," ujar Dirreskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito.

Awalnya, tim gabungan dari Opsnal Sat Reskrim, Sat Intelkam Polresta Banda Aceh dan Opsnal Dit Reskrimum Polda Aceh melakukan penyelidikan terhadap napi itu selama seminggu. Diketahui, Zulkifli bersembunyi di kawasan Peukan Bada.

"Setelah diikuti dari tempat persembunyiannya di Peukan Bada, napi itu naik L300 ke menuju (dengan tujuan) ke Bireuen," kata mantan Dirresnarkoba Polda Aceh ini.

Menerima informasi ini, tim kemudian langsung berkoordinasi dengan pihak Polsek Sukamakmur Polres Aceh Besar untuk melakukan razia di depan Mapolsek terhadap kendaraan yang melintas, khususnya untuk mobil pribadi atau pun mobil penumpang.

"Saat dirazia, yang bersangkutan ditemukan tanpa identitas dalam sebuah L300 dan saat dicek ternyata benar bahwa yang bersangkutan adalah napi Lapas Klas II A Banda Aceh yang kabur beberapa waktu lalu," ungkap Direktur.

Napi yang divonis pengadilan dengan hukuman 15 tahun penjara ini pun langsung diamankan sementara di Mapolsek Sukamakmur yang kemudian dibawa ke Mapolresta Banda Aceh untuk diproses lebih lanjut.

"Pelaku rencana akan menuju ke Takengon dengan mopen itu. Sekarang masih diamankan di Mapolresta Banda Aceh dan nanti akan dibawa kembali ke Lapas Lambaro," tambahnya.

*Di Aceh Utara, Seorang Napi Lapas Lambaro Juga Diamankan

Sementara itu, seorang napi Lapas Klas II A Banda Aceh yang kabur lainnya juga diamankan di Aceh utara, Minggu (16/12/2018) dinihari sekira pukul 02.15 WIB.

"Bernama Aiyub (29), warga Aceh Timur, diamankan di dalam rumahnya di Aceh Utara. Ia merupakan napi kasus pencabulan yang terjadi di Langkahan, Aceh Utara dan saat ini masih diamankan di Mapolres Aceh Utara," ungkapnya.

"Hingga kini jumlah napi yang sudah diamankan sebanyak 39 orang, sisanya masih terus kita buru," tambah Kombes Pol Agus Sarjito.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...