Pangdam IM Pimpin Upacara HJK ke-73 di Blang Padang

Banda Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Teguh Arief Indratmoko memimpin upacara Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018 di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (15/12/18).

Hari Juang Kartika ke 73 tahun ini mengusung tema “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”. Tema tersebut, sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan Pangdam IM menyampaikan, bahwa torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan Kolonial Belanda.

“Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Kasad.

Lanjut amanat Kasad, selaku generasi penerus, kita  wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional. Semoga tuhan yang maha kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan kekuatannya kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta,” demikian amanat Kasad yang dibacakan Pangdam IM.

Usai melaksanakan upacara, Pangdam IM juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung maupun peserta upacara atas pelaksanaan upacara HJK ke 73 tahun 2018 tersebut. “Saya ucapkan terima kasih, atas pelaksanaan upacara yang berjalan dengan tertib dan hikmat "Selamat Hari Juang Kartika" ungkap Pangdam IM.

Upacara tersebut diikuti Kasdam IM, Kapok Sahli Pangdam IM, Irdam, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak, LO AL dan LO AU, Danlanal Sabang, Danlanud Sultan Iskandar Muda, ratusan prajurit TNI AD dan PNS TNI AD Kodam Iskandar Muda serta Akper Kesdam IM.

Sementara Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Kolonel Inf Usik Samwa Parana dalam siaran pers nya menyampaikan, bahwa memperingati Hari Juang Kartika 2018, Kodam Iskandar Muda mengadakan beberapa kegiatan Bakti Sosial diantaranya, donor darah, operasi katarak, dan sunatan massal serta pengobatan massal di Rumah Sakit TK. II Kesehatan Kodam Iskandar Muda.

“ Untuk dihari puncak nya di Blang Padang, Kodam IM juga mengadakan kegiatan Bakti Sosial yakni donor darah, pengobatan masal, KB Kesehatan, dan Pembagian Sembako untuk masyarakat yang kurang mampu,” terang Kapendam IM dalam siaran persnya.

Komentar

Loading...