Polres Abdya Tangkap Satu Rekanan Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Jetty Rubek Meupayong Susoh

Polres Abdya Tangkap Satu Rekanan Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Jetty Rubek Meupayong Susoh

ABDYA, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Abdya menangkap dan menahan seorang tersangka rekanan dalam dugaan korupsi proyek pembangunan Jetty Rubek Meupayong, Kecamatan Susoh, Abdya beberapa hari lalu.

Pihaknya pun masih menyiapkan berkas dokumen untuk penetapan tersangka selanjutnya. "Tersangka berikutnya masih kita lengkapi berkas, kemungkinan awal tahun 2019 sudah kita umumkan," ujar Kapolres Abdya, AKBP M Basori.

Saat ditanya identitas tersangka, Kapolres mengaku bahwa pihaknya belum dapat mengungkapkan hal itu karena masih ada beberapa berkas yang harus dilengkapi. "Kali ini rekanan dulu yang kita tahan, berikutnya bisa jadi dari instansi terkait," katanya.

Sebelumnya, polisi sudah menahan tersangka MN (48), warga Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh Selaku rekanan proyek tanggul batu gajah Jetty Rubek Meupayong. Proyek ini dikerjakan menggunakan dana otsus APBK tahun anggaran 2016 senilai Rp 2,3 miliar lebih.

Diduga, ada indikasi korupsi dengan mengurangi volume pekerjaan dari apa yang tertuang dalam gambar dan kubikasi pekerjaan sehingga bangunan itu rusak dan tak dapat difungsikan. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil audit BPKP RI Perwakilan Aceh yang menemukan kerugian negara akibat hal itu senilai Rp 468 juta lebih.

"Sebelum BPKP mengaudit, penyidik juga sudah ke lapangan dengan menghadirkan tim ahli dari Unsyiah, Banda Aceh. Intinya memang besar kerugian negara yang timbul dalam proyek itu," ungkap AKBP M Basori.

Tersangka dijerat Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman 4 hingga 20 tahun penjara dan denda sebanyak Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar.

"Dalam kasus korupsi tidak ada toleransi dan akan kita tindak lanjut, kita pelajari dokumennya dalam beberapa hari dan nanti awal tahun sudah ada tersangka baru lagi," tambah Kapolres.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...