Dua Ekor Harimau Terpantau Kamera Trap BKSDA di Aceh Selatan

IMG_20181124_175134

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Salah satu akun media sosial Facebook milik warga mengunggah sejumlah foto harimau Sumatera yang terekam kamera, Sabtu (24/11/2018) sore. Disebutkan, hal itu terekam di kawasan Aceh Selatan.

Namun, sejumlah netizen lainnya menyayangkan sikap pemilik akun yang mengunggah foto tersebut dengan melampirkan alamat kawasan hutan yang dimaksud.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo yang dikonfirmasi terkait hal itu. Ia mengatakan, itu merupakan hasil kamera trap yang dipasang pihaknya selama sebulan ini.

"Selama sebulan ini ada 11 kali tertangkap kamera trap yang kita pasang. Bahkan dua hari lalu, warga merekam harimau dengan kamera poket juga di pinggir jalan," ujar Sapto.

Dijelaskannya, selama ini tim BKSDA Aceh serta WCS dan personel Polsek setempat juga melakukan ronda setiap malam bersama masyarakat. Hal ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan keberadaan harimau tersebut.

"Ada dua kamera yang dipasang, harimau yang terdeteksi ada dua ekor yakni jantan dewasa dan betina yang beranjak remaja (sekitar 2 hingga 3 tahun) yang mulai birahi," jelasnya.

Meski kedua harimau ini dinilai keberadaannya dekat dengan perkebunan dan perkampungan masyarakat, Sapto mengaku bahwa selama ini belum adanya terjadi konflik antara harimau dan manusia dalam artian konflik yang memakan ternak atau yang lainnya.

"Hanya saja harimau posisinya beberapa kali di jalan dan perkebunan warga. Kita sudah bersosialisasi ke masyarakat untuk jangan beraktivitas di kebun sendirian dan segera kembali ke rumah jika sudah pukul 4 sore," ungkapnya.

Pihaknya juga menyisir lokasi serta jalan tikus yang diduga sebagai akses harimau dari kemungkinan pemasangan jerat serta umpan yang beracun yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Untuk ronda itu sendiri hingga kini masih terus dilakukan," tambah Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...