Proyek Air Bersih Senilai Rp 300 Juta di Jantho Terbengkalai

images (2)

JANTHO, ACEHPORTAL.COM - Pembangunan proyek air bersih senilai Rp 300 juta di kawasan Gampong Jantho Baro, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar terbengkalai. Akibatnya, warga setempat pun tidak dapat menikmati air bersih karena proyek yang tak selesai tersebut.

Proyek ini, dijalankan dengan menggunakan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Tahun 2013 dan dibangun sejak beberapa tahun lalu. Hal ini dikatakan salah seorang warga setempat, Saiful yang mengaku juga hingga kini air bersih belum mengalir.

"Untuk kebutuhan sehari-hari, warga menggunakan air irigasi sementara untuk minum pakai air isi ulang. Proyek yang dikerjakan secara swakelola oleh warga gampong ini harusnya menjadi sumber air," ujarnya Kamis (15/11/2018).

Ia menjelaskan, salah satu kendala yang dirasakan yakni pada pemasangan pipa yang belum memenuhi standar. Menurutnya, diameter pipa yang digunakan sangat kecil sehingga suplai air yang mengalir tak berjalan dengan baik.

Pantauan di lokasi, sejumlah pipa pun tergeletak di pinggir jalan yang terkesan dibiarkan seperti tanpa pemilik. Warga setempat pun menyayangkan terbengkalainya proyek ini yang tidak ada manfaatnya bagi warga sendiri dan merek menuntut pelaksana atau pihak terkait untuk bertanggung jawab.

Sekretaris Gampong, Juanta yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan adanya proyek itu. Namun, dirinya mengaku tak bertanggung jawab karena hanya sebagai perantara atau orang yang memfasilitasi saja. Ia pun tak mengetahui persis tentang proyek tersebut.

"Saya hanya bertugas sebagai perantara dengan pihak kecamatan saja ke Kantor Camat untuk menemui POJK," katanya.

Memang, lanjut Juanta, proyek ini dikerjakan oleh TPK gampong. Banyak warga yang sudah mengeluhkan hal ini, namun dirinya bukanlah bagian dari pelaksana pekerjaan bernilai ratusan juta tersebut.

"Warga pun geram dan menyayangkan kondisi proyek ini, mereka minta aparat penegak hukum dan pihak terlibat untuk ditindaklanjuti," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...