Tipu Calon Jamaah dengan Travel Umroh Bodong Mantan PNS di Bireuen Diamankan

images

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sat Reskrim Polres Bireuen mengungkap kasus penipuan umroh di Bireuen. Dalam hal ini, polisi mengamankan seorang pelaku penipuan selaku direktur perusahaan travel bernama Harum Manis.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Eko Rendi Oktama mengatakan, pelaku yang ditangkap berinisial HRZ (35), mantan PNS di salah satu instansi, warga Gampong Cot Pluh, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

"Kita tangkap di rumahnya yang berada di Gampong Alun Dua Bakaran, Kecamatan Langsa Baro, Langsa," ujar Kasat saat dikonfirmasi Selasa malam melalui telepon seluler.

Ia menjelaskan, HRZ melakukan penipuan terhadap 19 orang korban yang merupakan calon jemaah umroh. Hal ini terungkap setelah polisi menerima laporan dari salah satu korbannya bernama Syarifah Maisyura, warga Bireuen yang membuat laporan dan langsung ditindaklanjuti.

"Setelah kita selidiki, diketahui ada dua orang korban untuk wilayah Langsa. Tak hanya itu tetapi ada di wilayah lain seperti di Aceh Barat ada 4 korban, di Langsa ada 11 korban yang sudah diselesaikan permasalahannya, terakhir ada dua korban lagi di Tasik Malaya," ungkapnya.

Saat diinterogasi, HRZ mengaku bahwa ia menipu korbannya. Diakui, perusahaan travel bernama Harum Manis tersebut tidak terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia untuk dapat memberangkatkan calon jemaah umroh.

"Kerugian seluruh korban yang diketahui sekitar Rp 350 juta. Ini dari semuanya, namun untuk korban di Bireuen sekitar Rp 41,6 juta. Hingga saat ini masih kita amankan tersangka dan kita kembangkan kasus ini," jelas Eko.

Dirinya mengimbau agar segera melapor keapolres Bireuen jika ada masyarakat yang merasa tertipu oleh pelaku. "Pelaku dijerat Pasal 378 KUHPidana," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...