Polres Bireun Amankan 25 Ribu Bungkus Rokok Luffman Ilegal 

ilustrasi rokok luffman ilegal

Banda Aceh, Acehportal.com - Sat Reskrim Polres Bireuen mengamankan setidaknya sekitar 25 ribu bungkus rokok ilegal (tanpa pita cukai) di kawasan pantai Kecamatan Plimbang, Bireuen. Diduga, puluhan ribu bungkus rokok ilegal hasil penyelundupan sindikat mafia dari luar negeri dengan tafsiran harga mencapai Rp.250 juta.

Kapolres Bireuen, AKBP Riza Yulianto melalui Kasat Reskrim, Iptu Eko Rendi Oktama mengatakan, puluhan ribu bungkus rokok ini diamankan dari dalam sebuah kapal nelayan. Saat digerebek, para pelaku kabur sehingga polisi hanya menyita barang bukti yang hampir keseluruhan bermerek Luffman.

"Saat ditanya, sejumlah warga sekitar mengaku tidak tahu-menahu soal rokok ilegal ini, termasuk siapa pemiliknya," ujar Kasat Senin (29/10/2018) malam.

Ia menjelaskan, pihaknya masih terus mendalami kasus ini guna mengungkap para pelaku yang terlibat dalam aksi penyelundupan rokok tanpa cukai ini. Ditargetkan, kasus ini dapat diungkap untuk mengetahui dalang di balik penyelundupan yang diduga terjadi di kawasan perairan Selatan Malaka ini hingga masuk ke Bireuen.

Sementara informasi lainnya yang diperoleh, perahu bermuatan itu, kapal tersebut bersandar di tempat yang bukan merupakan tempat pendaratan ikan sehingga gerak-geriknya mencurigakan.

Selama ini, diketahui rokok ilegal ini diduga berasal dari Thailand dan telah tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh, termasuk di Banda Aceh. Menurut informasi, rokok ilegal merek Luffman ini dihargai Rp 10 hingga 15 per bungkusnya.

Penulis:hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...