Basmi Wereng, Babinsa Koramil Manggeng dan Petani Lakukan Penyemprotan Massal

Abdya, acehportal.com - Babinsa Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya Kopda Mufti berserta rekannya mengikuti kegiatan peyemprotan hama padi, di persawahan Desa Blang Manggeng. Senin (15/10/2018).

Kegiatan yang dilakukan secara massal ini juga dihadiri oleh Dinas PHP, PPL, Ketua Poktan Mekar Setangkai serta sejumlah petani setempat.

"Penyemprotan kali ini kita targetkan untuk membasmi hama wereng cokelat, agar tanaman padi kita selamat dari kerugian," ajak Kopda Mufti.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyemprotan secara merata di seluruh areal tanpa ada yang terlewatkan agar hama wereng benar-benar musnah.

Ditemui Media Center usai acara Kopda Mufti menerangkan hama wereng adalah salah satu hama padi yang paling sulit untuk diberantas. Penyebarannya sangat cepat terlebih bilamana penanaman padi dilakukan secara tidak serentak.

Ia menguraikan, hama wereng ini menyerang tanaman padi mulai dari fase pertumbuhan hingga reproduktif. Pada tanaman muda, wereng akan menghisap semua sel cairan hingga tanaman kering seperti efek terbakar. Sementara pada tanaman yang telah produktif, wereng akan menyerang malai buah/bulir padi hingga semua buah menjadi kosong tidak berisi.

"Bila hal ini dibiarkan dalam waktu panjang, dan tidak segera ditangani, maka dipastikan para petani akan mengalami kerugian gagal panen," jelas Kopda Mufti.

Ia berharap dengan upaya penyemprotan secara massal tersebut bisa meningkatkan produktivitas panen. Sehingga tujuan bersama mewujudkan program nasional swasembada pangan bisa tercapai dengan baik.

Komentar

Loading...