Banjir Terjadi 33 Kecamatan di 6 Kabupaten di Aceh

Personil TNI jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya bergerak membantu mengevakuasi masyarakat yang menjadi korban banjir di wilayah Kabupaten Aceh Jaya

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Banjir terjadi di enam kabupaten yang terdiri dari 33 Kecamatan dengan jumlah 113 gampong di provinsi Aceh. Hal ini dikatakan oleh Kepala BPBA, Ahmad Dadek, Selasa (16/10/2018) siang.

"Banjir ini terjadi karena intensitas hujan yang tinggi selama ini yang mengguyur sejumlah wilayah di Aceh," ujar Ahmad Dadek.

Enam kabupaten yang dimaksud yakni Aceh Barat, Aceh Singkil, Abdya, Aceh Selatan dan Aceh Jaya dan Simeulue. Di Aceh Barat, 8 Kecamatan dengan jumlah 21 gampong terendam banjir, sementara di Aceh Singkil ada 8 Kecamatan dengan jumlah 34 gampong yang terendam banjir.

"Di Simeulue ada 2 Kecamatan dengan 5 gampong, Abdya ada 3 Kecamatan dengan 10 gampong dan Aceh Selatan ada 7 Kecamatan dengan 24 gampong serta di Aceh Jaya ada 5 Kecamatan dengan 19 gampong," jelasnya.

Banjir ini pun berdampak di seluruh Kabupaten yang dimaksud. Di Aceh Selatan, dampak yang terjadi yakni longsor yang menutup badan jalan di kecamatan Sawang dan Tapaktuan. Sementara di kecamatan Samadua, banjir di Gampong gadang merendam 50 unit rumah.

"Di Aceh Singkil, dampak yang terjadi yakni banjir merendam jalanan, rumah, fasilitas umum dan lainnya. Sejumlah ruas jalan pun saat ini masih belum dapat dilalui seperti di kecamatan Danau Paris, Subulussalam, Kecamatan Kota Baru, Jalan Lintas Singkil-Rimo dan lainnya," ungkapnya.

Di Aceh Barat, longsoran tebing yang bermaterial batu besar setinjuga terjadi di kawasan pegunungan. Longsor ini juga menyebabkan satu unit rumah warga rusak berat. Sementara si Aceh Jaya dan lainnya, hingga kini pihak BPBA masih melakukan pendataan.

"Di Aceh Barat korban dampak bencana ada 188 KK dengan 603 jiwa, belum seluruhnya terdata. Di Aceh Singkil ada 5.242 kk dengan 28.321 jiwa, di Simeulue 186 kk dengan 574 jiwa. Di Aceh Selatan ada 88 kk, di Aceh Jaya ada 1.759 kk dengan 5.580 jiwa. Untuk semua masih dilakukan pendataan, termasuk di wilayah Abdya," jelasnya lagi.

Kondisi terkena di seluruh Kabupaten berangsur membaik. Di sebagian wilayah, hujan pun sudah berhenti dan banjir mulai surut. Namun di wilayah lain juga masih terendam banjir sekitar 30 hingga 50 sentimeter.

"Banjir tertinggi ada di kecamatan Pasie Raya dan Pasie Timplueng dengan ketinggian air 1,5 meter. Di kecamatan Darul hikmah, air mulai surut namun dikhawatirkan akan naik kembali," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...