Tingkatkan Pengetahuan Agama dan Pancasila, Aceh Barat Bentuk Kampung Muslimin

Bupati Aceh Barat H Ramli MS membuka Seminar Kampung Muslimin yang dipusatkan di Aula Bappeda di Meulaboh, Kamis (11/10/2018) siang.

MEULABOH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam tahun 2018 ini mulai membangun perkampungan muslimin yang tersebar di 35 desa dalam 12 kecamatan. Rencana tersebut dituangkan dalam Seminar Kampung Muslimin berlangsung di Aula Bapedda Aceh Barat, Kamis (11/10/2018) siang di Meulaboh.

Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam sambutannya mengatakan melalui seminar diharapkan dapat memberikan berbagai masukan dari kalangan masyarakat termasuk narasumber, sehingga nantinya program ini tepat sasaran menjadi kampung muslimin yang dicita-citakan.

“Bagi Pemerintah Aceh Barat, program ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung tegaknya syariat Islam,” tegasnya.

Kata Ramli, kehadiran kampung muslim nantinya diharapkan pembinaan ilmu agama khususnya terhadap generasi yang berusia 12 tahun, sudah mengerti dan mengimplementasi ajaran agama, termasuk bisa sholat jenazah dan fardu kifayah, hafizh quran, berhijab secara benar bagi kaum perempuan, kebiasaan magrib mengaji di setiap rumah.

Di kampung muslimin ini nantinya juga akan dilakukan pembinaan dan pemantapan UUD 1945 dan Pancasila, pembinaan dan penyuluhan kesehatan, termasuk dalam hal sosialisasi anti narkoba tehadap kalangan pemuda.

“Kita harapkan kampung muslimin menjadi pilot project bagi daerah lain di Aceh dan berhasil,” kata Bupati Aceh Barat Ramli MS.

Sementara itu, Ketua Panitia Ena Herisna SKm dalam sambutannya mengatakan Seminar Kampung Muslimin merupakan implementasi visi dan misi Bupati Aceh Barat, guna meningkatkan penerapan syariat Islam di kabupaten itu, guna menjadikan kehidupan masyarakat di wilayah ini yang lebih islami dan taat beribadah.

Ada pun narasumber dalam seminar tersebut diantaranya Prof dr Syahrizal Abbas MA Mantan Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal SE Mantan Walikota Banda Aceh, serta Dr Hj Mariati MR, MSi anggota DPRA. (put)

Penulis:Putra
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...