Kasdam IM Secara Resmi Tutup Pameran Alutsista

Banda Aceh, acehportal.com - Panglima Kodam Iskandar Muda diwakili Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigadir Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., secara resmi menutup pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI dalam rangka HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Senin (08/10/2018) sore.

Pantauan dilokasi, sebelum pameran Alutsista ditutup, Kasdam IM menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, diantara lomba foto kategori Pembinaan Teritorial (Binter) dan latihan satuan (prajurit TNI/PNS) dan kategori pameran Alutsista (masyarakat umum) serta lomba stand terbaik saat pameran Alutsista berlangsung.

Pada kesempatan tersebut Pangdam dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pameran Alutsista tersebut.

“Baik penyelenggara, maupun para peserta yang telah mengikuti berbagai kegiatan dalam rangkaian HUT TNI ke 73 ini, saya ucapkan terima kasih banyak,” ucap Pangdam.

Dalam sambutannya, Jenderal bintang ini menjelaskan, bahwa pameran Alutsista yang digelar tersebut sebagai wujud pertanggung jawaban TNI kepada rakyat. Disamping itu, untuk memelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat, sehingga hubungan TNI dengan rakyat semakin dekat, solid, serta kehadiran TNI di terima ditengah-tengah masyarakat dimanapun berada.

“Pameran Alutsista ini, sekaligus meningkatkan pengetahuan generasi muda mengenai Alutsista di bidang pertahanan khususnya di wilayah Kodam Iskandar Muda,” kata Pangdam IM.

Putra kelahiran Banyumas ini juga mengatakan, Alutsista yang dimiliki TNI pada hakekatnya adalah milik rakyat, karena dibeli dari uang rakyat dan diperuntukkan untuk melindungi rakyat.

“Oleh sebab itu, TNI bertekad untuk memelihara dan mengoperasionalkan Alutsista ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka melindungi rakyat dan tumpah darah Indonesia, menegakkan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan wilayah NKRI,” kata Pangdam.

Pangdam mengatakan, pameran Alutsista tersebut akan terus berlanjut di masa mendatang. Karena, menurutnya, kegiatan tersebut sebagai wujud partisipasi TNI dalam upaya membangun bangsa yang besar ini.

“Kita sadari dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi warga masyarakat dan dapat mengetahui kondisi kekuatan serta jenis persenjataan yang dimiliki TNI saat ini,” kata Pangdam.

Pangdam IM mengungkapkan, untuk HUT TNI ke 73 tahun 2018 di wilayah Kodam Iskandar Muda tersebut, digelar secara sederhana atau tidak terlalu besar.

“Walaupun digelar tidak terlalu besar, namun kegiatan ini menunjukkan keseriusan dan kepedulian yang tinggi dan juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi prajurit TNI untuk selalu hadir bersama dengan rakyat,” ungkap Pangdam IM mengakhiri sambutannya.

Acara penutupan tersebut juga turut dimeriahkan penampilan Tim Marching Band dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati Banda Aceh.

Turut hadir, Irdam, Danrindam, para Pa Ahli, Asisten, Kabalak, Danlanal Sabang, Danlanud Sultan Iskandar Muda dan para Dansat jajaran Kodam IM serta para tamu undangan.

Komentar

Loading...