Gejolak Tambang Emas di Beutong Ateuh

Aceh Punya Kewenangan, Tapi DPRA dan Pemerintah Aceh Bisa Kebobolan

Foto bersama di Kantor DPRA, tolak tambang emas di Beutong,

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM -
Diketahui, PT. EMM merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) seluruhnya dilakukan melalui pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tanpa melibatkan Pemrintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tengah serta tidak melibatkan masyarakat yang akan menerima dampak langsung dari aktifitas PT. EMM.

Mantan Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben) Aceh, Said Ikhsan dalam pertemuan dengan DPRA menuturkan, dirinya heran kenapa DPRA dan Pemerintah Aceh bisa kebobolan dengan perizinan tambang emas PT EMM yang mengekplorasi dan eksploitasi 10.000 ha lahan untuk tambang emas di Nagan Raya dan Aceh Tengah.

"Saya heran ada orang asing menguasai 10 ribu ha lahan di Aceh, tapi pemerintah Aceh tidak mengetahui, lantas gubernur selalu berteriak dalam program visi misinya Aceh Green, namun ini bisa kecolongan." ujar Said.

Menurutnya, Aceh memiliki PP Tentang Kewenangan Pemerintah yang bersifat Nasional di Aceh, dan UUPA nomor 11 tahun 2006 seharusnya Aceh memiliki kewenangan penuh terhadap perizinan segala tambang di Aceh tidak lagi harus di pusat.

"Kemudian izin yang telah dikeluarkan mengelola 10.000 ha, lahan yang diantaranya termasuk di dalamnya hutan lindung, ini siapa yang keluarkan izin, apa tidak tau hukumannya berat," kata Said lagi.

Dia menambahkan, bila dilihat dari aspek ekonomi, angkanya sangat kecil yang diterima Aceh, malah lebih besar muzaratnya yang akan dialami masyarakat Nagan Raya, Aceh Tengah dan Aceh Barat karena imbas kerusakan lingkungan.

Lanjutnya, kemudian terhadap Amdal, itu seharusnya menjadi urusan Pemerintah Aceh dan Kabupaten setempat bukan lagi urusan pusat.

Pedomanya adalah adalah PP Kewengan dan UUPA. Kecuali pemerintah pusat meminta rekomendasi dari gubernur untuk pertimbangan. "ini kita sudah ada kewenangan tapi tidak digunakan," ujarnya dalam forum.

Penulis:rol
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...