BKIPM Aceh Akan Buka Kantor Wilayah Kerja di Lampulo

IMG-20180922-WA0056

BANDA ACEH, QCEHPORTAL.COM - Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh akan membuka kantor wilayah kerjanya di PPS Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Kantor wilayah kerja ini, dibuka untuk meningkatkan pelayanan kepada pelaku usaha di kawasan tersebut.

Pelayanan sertifikasi kesehatan ikan dan produk hasil perikanan dari Aceh saat ini masih terfokus di Kantor BKIPM Aceh yang berada di kawasan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar. Padahal, lalu lintas komoditi perikanan terbesar dari kota Banda Aceh adalah dari TPI Lampulo.

Kepala BKIPM Aceh, Diky Agung Setiawan mengatakan, pembukaan kantor wilayah kerja di kawasan PPS Lampulo ini merupakan sebuah proyek perubahan dan keharusan demi meningkatkan kualitas sertifikasi kesehatan ikan dan produk perikanan.

"Sehingga pelaku usaha nantinya tidak perlu jauh-jauh mengurus dokumen karantina ke Blang Bintang, Aceh Besar," ujarnya Sabtu (22/9/2018).

Dijelaskannya, dengan terwujudnya kantor wilayah kerja karantina ikan di kawasan PPS Lampulo ini maka akan berdampak pada ketertelusuran produk hasil perikanan, mulai dari kapal penangkap dan alat tangkap yang digunakan hingga yang lainnya.

"Sehingga ini akan menjadi data untuk membangun sistem ketertelusuran produk perikanan yang saat ini menjadi isu terhadap penolakan penambahan 'aproval number' bagi unit pengolahan ikan Indonesia oleh Uni Eropa," jelasnya.

Pelayanan sertifikasi di Lampulo ini, lanjut Diky, akan dimulai pada tanggal 1 Oktober 2018 mendatang yang mana telah didahului dengan sosialisasi dari pihak BKIPM Aceh kepada pelaku usaha, Jumat (21/9/2018) kemarin.

"Kita sangat berterimakasih atas dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Pangkalan PSDKP Belawan dan Panglima Laot Banda Aceh yang sudah mendukung dan mewujudkan kegiatan ini," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...