Babinsa Koramil 04/Susoh Bantu Petani Buat Penghalau Burung

Abdya, acehportal.com - Menyambut musim padi menguning, Babinsa Koramil 04/Susoh kodim 0110/Abdya Kopda Marzuki bantu petaninya membuat penghalau hama burung, di persawahan Desa Pawoh Kecamatan Susoh. Rabu (12/9/2018).

Jenis penghalau burung pipit ini antara lain, Orang-orangan sawah, dan Rombe tali pelastik/kaleng. "Alat sederhana ini kami buat untuk meminimalisir kerugian petani akibat serangan burungan pipit", ujar Kopda Marzuki di sela istirahat pada Media Center.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, burung pengganggu seperti pipit dan gereja tidak bisa dianggap enteng. Karena bisa mengakibatkan kerugian panen. Biasanya burung pipit yang berjumlah sampai dengan Ribuan tersebut akan memakan biji/bulir padi yang baru menguning.

"Kalau hal ini dibiarin dan terlambat ditangani, bisa dibayangkan berapa Ton kerugian petani di saat panen nanti", seru Kopda Marzuki.

Amatan, selain membantu membuat alat penghalau, sesekali Kopda Marzuki juga mengimbuhi teriakan petani usir hama burung. Tarikan tali pelastik dan bunyi-bunyian kaleng warnai kebersamaan antara Pengabdi Rakyat dengan petani.

Komentar

Loading...