Bangun UKM di 34 Provinsi di Indonesia, Tim Ekspedisi Gubernur Dilepas

Foto: Acehportal.com

Banda Aceh - Tim ekspedisi gubernur se Indonesia resmi dilepas di halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat (7/9/2018) siang. Pelepasan dilakukan langsung oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) sekaligus Gubernur Jawa Timur, Seokarwo dan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ekspedisi jalur darat gubernur se Indonesia ini dicetuskan Seokarwo dalam rangka mengekspos inovasi setiap provinsi sekaligus mengeksplorasi potensi daerah masing-masing, terutama terkait keunggulan komoditas dan UKM. Hal ini dikatakannya dalam sambutan yang diberikan di depan para peserta.

"Penting mengekspos keunggulan tiap daerah agar dapat terwujud kolaborasi antara satu provinsi dengan provinsi lainnya. Tim ekspedisi akan menggali dan mengaji keunggulan tiap provinsi, lalu akan ditabulasi dan dianalisis kebutuhan satu provinsi yang bisa didapat dari provinsi lain sehingga kita bisa mencari pengganti dari impor dan mewujudkan kemandirian ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Nova Iriansyah mengapresiasi kegiatan APPSI ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan peluang emas bagi setiap daerah untuk mengekspos keunggulannya agar diketahui publik. "Saya sangat mengapresiasi gebrakan Pakde ini, jika ada kesempatan saya akan ikut untuk belajar di beberapa provinsi," katanya.

Sejumlah perusahaan pendukung juga ikut hadir dalam kegiatan ini seperti Bukalapak dan PT Honda Prospect Motor. Corporate Communication Manager Bukalapak, Evi Andarini mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam membangun sistem dan teknologi yang dapat membantu berbagai macam UKM di seluruh Indonesia.

"Dari ekspedisi ini kita harapkan dari semua provinsi yang didatangi di seluruh Indonesia dapat mengintegrasikan jutaan UKM sehingga kita bisa bersama mewujudkan percepatan pemerataan ekonomi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi," kata Evi.

Setelah dilepas dari Aceh, tim ekspedisi gubernur yang menggunakan dua unit mobil Honda CRV Turbo uni berangkat menuju Medan, Sumatera Utara untuk bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Kegiatan ini dijadwalkan selesai dalam 133 hari yang berakhir di Kantor Gubernur Jawa Timur.()

Rubrik:Kota

Komentar

Loading...