Gajah Jinak Mati Lagi

Ini Kata BKSDA Aceh Terkait Gajah Betina yang Mati di CRU Mila Pidie

Pengambilan sampel bangkai gajah

PIDIE, ACEHPORTAL.COM - Seekor gajah Sumatera jinak berjenis kelamin betina yang berusia sekitar 35 tahun ditemukan mati oleh petugas CRU Mila, Pidie, Senin (13/8/2018) lalu. Kematian gajah jinak ini pun langsung diselidiki oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Tim dokter yang dikerahkan pun langsung melakukan autopsi terhadap bangkai gajah tersebut. Setelah diautopsi, bangkai gajah dikubur di sekitar lokasi penemuan matinya gajah betina tersebut.

"Dari hasil diagnosa sementara tim dokter, diketahui bahwa gajah itu diduga mati karena minum air sungai yang terkontaminasi racun," ujar Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Minggu (26/8/2018).

Dijelaskannya, gajah tersebut mati bukan karena diracun. Pihak BKSDA Aceh yang telah mengirim sampel gajah untuk diperiksa di Laboratorium Forensik di Mabes Polri, Jakarta pun hingga kini masih menunggu hasil.

"Hasilnya belum keluar dan masih kita tunggu. Tahun ini tercatat ada 4 ekor gajah mati, dua diantaranya diindikasi diracun dan dua lagi belum keluar hasil laboratoriumnya," tambah Sapto.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...