20 Finalis Bersaing Pada Pemilihan Duta GenRe 2018

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Sebanyak 20 finalis dari PIK (Pusat Informasi Konseling) jalur Pendidikan dan Masyarakat yang lulus tes wawancara beberapa waktu lalu mengikuti masa karantina Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Hotel Kumala, Banda Aceh dari 17 s/d 21 Agustus mendatang.

Para duta dari Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh ini akan mengikuti malam puncak Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Aceh 2018 pada 20 Agustus mendatang.

Kegiatan pembekalan yang mengangkat tema “Kita Wujudkan Generasi Muda Aceh yang Sehat, Cerdas, Ceria” ini dibuka oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Sahidal Kastri dan dihadiri pejabat administrator dan pengawas dijajarannya.

Sahidal mengingatkan pentingnya bagi para Duta GenRe Aceh ini memahami dan memiliki wawasan tentang program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Sebab mereka (Duta GenRe) corong terdepan dan perpanjangan tangan dari BkkbN dalam menyampaikan tiga pilar program kerja BkkbN khususnya program GenRe kepada masyarakat di daerah masing-masing.

“Kalianlah generasi muda Aceh yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan. Ditangan kalian lah di masa akan datang, Aceh akan menjadi gemilang. Untuk itu rajin lah belajar dan terus semangat meraih prestasi. Jangan menjadi generasi muda yang lemah, tetapi yang berkualitas, berkarakter, beradab, berilmu, dan beriman. Rencanakan dan persiapkan masa depan dengan baik, jangan menikah diusia anak, jauhi narkoba dan seks pra nikah,” ujar Sahidal.

Sahidal juga menitip pesan kepada 20 finalis agar bisa menjadi duta bagi Aceh ditingkat nasional dengan kembali meraih juara, seperti tahun-tahun sebelumnya. Menurut Sahidal, anak-anak Aceh mampu bersaing dan berprestasi ditingkat nasional, asal segalanya dipersiapkan jauh-jauh hari.

“Tidak saja mempersiapkan wawasan tetapi juga mental. Anak-anakku harus yakin dan percaya diri, berikan yang terbaik untuk Aceh,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Kasubbid Remaja, Fahmi dalam laporannya menyampaikan, bahwa pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Aceh sudah memasuki tahun ke-9. Tujuan dari ajang pemilihan yang digelar setiap tahunnya ini, untuk mempesiapkan sosok remaja yang menjadi role model bagi remaja lainnya dalam rangka mensosialisasikan program GenRe dikalangan remaja, serta sikap dan prilaku remaja untuk berprilaku sehat dan berakhlak mulia.

“Konsep pemilihan Duta GenRe tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya karena mengedepankan aspek jati diri remaja dan serta kiprahnya dalam Program GenRe melalui PIK R,” ujar Fahmi.

Pendaftaran Duta GenRe Aceh, lanjut Fahmi, telah melewati beberapa tahapan, mulai seleksi berkas, wawancara awal, sehingga terpilih 20 finalis yang mengikuti karantina dalam beberapa hari ini. Keduapuluh finalis tersebut rincinya, 10 dari PIK R Jalur Pendidikan (5 putri dan 5 putra) dan 10 dari PIK R Jalur Masyarakat (5 putri dan 5 putra).

“Selama karantina para finalis akan dibekali subtansi program GenRe, public speaking dan komunikasi, serta kepribadian. Diantara 20 finalis ini nanti akan mengikuti malam puncak pemilihan yang direncanakan pada 20 Agustus, mereka yang terpilih sebagai Duta GenRe Aceh 2018 akan mewakili Aceh ke tingkat Nasional,” pungkas Fahmi.

Penulis:Dedi
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...