Babinsa Pos Ramil Bukit Pertajam Ilmu Pertanian

Redelong, acehportal.com - Untuk mempertajam ilmu pertanian, Babinsa Pos Ramil Bukit Koramil 11/Wih Pesam Kopda Ridwansyah mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat tentang cara membudidayakan kopi arabika agar mendapatkan hasil yang maksimal, bertempat di aula kantor Kp. Isaq Busur Kec. Bukit Kab. Bener Meriah, Kamis ( 09/03/2018 ).

Usai kegiatan Babinsa mengatakan, sebagai nara sumber atau pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Ir Halid dari dinas pertanian Kabupaten Bener Meriah, sedangkan untuk pesertanya selain kami TNI antara lain Reje Isaq Busur, Petue, Apar&atur Desa dan masyarakat setempat.

Budidaya kopi arabika di wilayah Dataran Tinggi Gayo menurut Babinsa, merupakan pelung bisnis yang sangat menjanjikan dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, karena banyak sekali penikmat kopi sejati yang berasal dari Indonesia sendiri maupun Negara Asia, Eropa bahkan Amerika.

Lanjut Babinsa, nara sumber dalam hal ini menjelaskan tentang cara pemilihan bibit kopi arabika unggul, pembuatan lubang, pengaturan jarak tanam, tanaman pelindung, penanaman, pemupukan, perawatan dengan pemangkasan serta panen agar memperoleh hasil yang menggembirakan.

Sesuai dengan hal diatas, kami salah satu Tim Media Center Kodim 0106/Ateng Sertu Arif sekaligus sebagai perilis berita ini pernah membuktikan atau melihat secara langsung dalam melaksanakan misi perdamaian PBB di Timur Tengah yang tergabung UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), dimana orang tersebut baik itu sipil maupun militer sangat menyukai minuman kopi, khususnya yang made in Indonesia.

Seperti contohnya personil militer Euro ataupun USA, setiap melaksanakan latihan bersama, Protection Area Operation (PAO), Pengawalan maupun tugas yang lainnya di Velpes (tempat minum) pasti terisi minuman kopi penuh, sedangkan untuk sipilnya tiada hari tanpa minum coffee.

Komentar

Loading...